oleh

Pemkab Yahukimo Wacanakan Bangun Kilang Minyak Pertamina

JAYAPURA (PTIMES) – Pemerintah Kabupaten Yahukimo mewacanakan membangun kilang minyak pertamina di wilayahnya, guna memaksimalkan layanan kebutuhan bahan bakar di daerah tersebut dan sekitarnya.

Sementara untuk memenuhi rencana besarnya itu, Bupati Yahukimo Abock Busup mengaku telah menyiapkan lokasi pembangunan kilang minyak.

Dengan harapan, keberadaan kilang tersebut bakal menjadi Kabupaten Yahukimo sebagai pusat pengisian bahan bakar di wilayah pegunungan.

“Kita akan melakukan pertemuan dengan pihak Pertamina pada 14-15 Januari 2020 di Surabaya. Pertemuan ini untuk membicarakan bagaimana mekanismenya”.

“Yang pasti lokasi pembangunan kilang sudah kami siapkan, tinggal melakukan pembangunan,” terang dia di Jayapura, Kamis (9/1/2020).

Selain merencanakan pembangunan kilang minya, pihaknya berencana membuka jalur penerbangan pesawat berbadan lebar dengan rute Makassar – Sorong – Dekai.

Pihaknya pun melirik Bandara Nop Goliat Dekai yang memiliki panjang landasan pacu 2.500 meter serta rata. Sementara untuk memuluskan rencana itu, pihaknya sudah meminta ke Menteri Perhubungan untuk membantu pendaan.

“Apalagi kemarin kita sudah bertemu dengan Dirjen Perhubungan pada Desember 2019. Intinya nanti pada 2 atau 3 Februari 2020 akan dilakukan tes landing pesawat berbadan lebar (Batik Air dan Citylink) dari Makassar, Timika dan Dekai”.

“Doakan, semoga rencana ini bisa terjawab sesuai harapan kami,” harap dia.

EDITOR : ERWIN

Komentar

News Feed