oleh

PON XX, Uncen Gelar Pembekalan LO

JAYAPURA (PAPUA TIMES)- Mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura menggelar Sosialisasi dan Pembekalan Liason Officer (LO) dan tenaga keolahragaan penunjang PON XX.

Wakil Sekertaris KONI Papua Saat Memaparkan Tugas dan Tanggung Jawab KONI di PON dan Dukungan LO dalam Prestasi Atlet Papua di iven tersebut.

Pembekalan diikuti kurang lebih 500 mahasiswa/mahasiswi, Rabu sore (27/11/2019) di Auditoriun Uncen dengan menghandirkan pemateri Ketua Umum KONI Papua yang diwakili Drs. Daud Ngabalin,M.Si Wakil Sekretaris KONI Papua, Dr. Yonathan K Wororomi,S.SI,M.SI Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Uncen, Dr. Saharudin Ita, M.Kes.AIFO Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Prof. Dr. Jonni Siahaan.,M.Kes.,AIFO, Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Uncen.

Daud Ngabalin dalam paparannya mengatakan bahwa PON merupakan agenda nasional yang patut didukung dan di sukseskan semua elemen masyarakat di Tanah Papua. PON 2020 di Papua merupakan momentum sejarah dan kebangkitan prestasi olaharaga.

“PON bisa ada di Papua merupakan momentum bersejarah. Keterlibatan saudara saudaraku mahasiswa dan mahasiswa akan tercatat dalam sejarah itu. PON diselenggarakan 4 tahun sekali dan bila dikalikan dengan 34 provinsi maka kita akan menunggu waktu sekitar 136 tahun lagi untuk menjadi tuan rumah. Yang pasti peran kita masing-masing akan menjadi cerita di masa depan oleh anak cucu kita,”ungkap Daud.

Mahasiswa Mengikuti Dengan Seksama Pemaparan Dari Para Pemateri.

Dikemukakannya, Papua sebagai tuan rumah PON harus sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, sukses pemberdayaan ekonomi dan sukses budaya pariwisata. Dan KONI Papua bertugas mewujudkan sukses prestasi Papua di PON 2020 dengan meraih medali emas sebanyak-banyaknya.

“Untuk sukses prestasi, itu tugasnya KONI Papua bersama Pengurus Provinsi Cabang Olahraga yang nantinya bergabung dalam kontingen Papua di PON XX. Tugasnya meraih prestasi terbaik dan masuk 5 besar PON,”papar Daud Ngabalin.

Dia juga mengatakan keberadaan LO di PON sangat penting dan akan sangat membantu para atlet ketika bertanding. Karena perannya yang strategis, posisi LO haruslah diisi sumber daya manusia yang terdidik dan mahasiswa dan mahasiswi Uncen layak untuk mengambil peran tersebut.

Sementara itu, Dr. Yonathan K Wororomi,S.SI,M.SI menyatakan Uncen siap mendukung Pemerintah Provinsi Papua mensukseskan PON XX. Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya, Uncen bakal menjadi garda terdepan mendukung penyelenggaraan iven empat tahunan itu.

Dikatakan Yonathan, seluruh dosen dari 9 Fakultas Uncen dan mahasiswanya akan dilibatkan untuk memenuhi kebutuhan SDM pada penyelenggaraan PON nanti. “Uncen siap mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan PON. Mahasiswa dan mahasiswi kita termasuk dosen-dosen akan mengambil perannya sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan di PON nanti,”ujarnya.

Editor: HANS BISAY

Komentar

News Feed