oleh

Kabupaten Tolikara: 2020 Penyaluran Beasiswa Standar IP

JAYAPURA (PTIMES)- Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SH.M.Si kembali melanjutkan program peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di kepemimpinannya periode kedua. Prioritas di bidang pendidikan dan pembangunan SDM itu diwujudkan dengan penyaluran beasiswa studi bagi mahasiswa, pembangunan sarana serta fasilitas pendidikan seperti sekolah unggulan berpola asrama serta akses pendidikan untuk kualifikasi pendidikan khusus seperti pilot, kedokteran dan teologi.

Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara bakal menyalurkan beasiswa kepada seluruh mahasiswa Tolikara berdasarkan standar Indeks Prestasi (IP).

Demikian disampaikan Yunius Tabuni, S.STP, Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan SDM Setda Kabupaten Tolikara.“Tahun 2020 bantuan dana studi akhir dan dana studi langka diganti dengan beasiswa standar IP. Beasiswa diberikan kepada semua mahasiswa berdasarkan nilai yang nanti akan kami tetapkan agar tidak menimbulkan kesenjangan atau rasa tidak adil diantara mereka,”katanya kepada pers di Jayapura.

Tabuni menjelaskan semenjak memimpin Kabupaten Tolikara, Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo menyalurkan bantuan dan studi akhir dan studi langka serta biaya pemondokan bagi pelajar dan mahasiswa Tolikara.“Ini merupakan sebuah bentuk kepedulian yang besar terhadap putra-putri asli Tolikara, dalam mempersiapkan generasi Tolikara yang berkualitas,”ujarnya.

Selain menyalurkan dana beasiswa dan biaya pemodokan, kata Yunius, saat ini Pemkab Tolikara sedang membangun Asrama Mahasiswa di beberapa kota studi diantaranya di Kota Manado dan Kota Jayapura.

Yunius pada kesempatan ini juga mengajak mahasiswa eksodus asal Tolikara segera kembali ke kota studi masing-masing. ”Kami meminta adik-adik mahasiswa sekalian untuk kembali ke kota studi masing-masing agar bisa selesaikan kuliah. Adik-adik bisa berpikir positif untuk masa depan, bagaimana bisa bekerja dan membangun daerah agar bisa bersaing dengan daerah lain,”ajaknya.

Kabupaten Tolikara di bawah kepemimpinan Bupati Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si dan Dinus Wanimbo, SH.,MM menempatkan pembangunan SDM sebagai salah satu program prioritas. Keseriusan Pemkab Tolikara dalam pembangunan sektor SDM putra-putri daerah bahkan dilakukan sejak anak masih dalam kandungan yakni melalui Program Asupan Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Dalam program ini, setiap ibu hamil dan bayi diberikan asupan makanan bergizi dan pelayanan kesehatan setiap hari hingga anak umur 2 tahun.

Editor:LEPIANUS KOGOYA/YIKWA DERWES

Komentar