Inilah Logo dan Maskot PON XX Papua, Kadisorda: Promosi PON Ditingkatkan

JAYAPURA (PTIMES)- Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH,Kamis (01/8/2019) di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua (DPRP) secara resmi melaunching logo dan maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua. “Hari ini secara resmi saya melaunching logo dan maskot PON XX tahun 2020 di Papua. Logo dan maskot ini mulai sekarang digunakan di seluruh Indonesia,”ungkap Gubernur Enembe sekaligus meresmikan Gedung II DPRP Papua dan Mess DPRP serta Jalan Ring Road Kota Jayapura dan launching Sayembara Pembuatan Konten Digital PON XX Dan PERPANAS XVI.

Gubernur Saat Menandatangani Prasasti Peresmian dan Sekaligus Launching Logo dan Maskot PON XX. (Foto: Dian Mustikawati)

Logo PON XX menggunakan gambar stadion papua bangkit dengan dengan ornamen segitiga menjulang atau gunung melambangkan sumber kekayaan alam yang melimpah di Papua, kemudian motif khas Papua mewakili budaya Papua dan tiga lingkaran atau ring yang berarti prestasi, sportifitas dan solidaritas menjadi pemersatu rakyat dalam olaharaga akan tetap kokoh dan abadi bila didasari prinsip yang berkebangsaan satu, berbahasa satu dan bertanah air satu, Indonesia, sekaligus mewakili 3 ring dalam logo KONI sebagai wadah induk olahraga prestasi Indonesia.
Sedangkan Maskot PON XX menggunakan gambar hewan endemik Papua yakni Kanguru Pohon Mantel Emas dengan sebutan Kangpho dan Burung Cenderawasih dengan nama Drawa.
Kangguru selama ini popular sebagai satwa khas Australia namun nyatanya juga ada di Papua. Menariknya, Kangguru ini merupakan jenis Kangguru pohon atau Dendrolagus Pulcherrimus. Burung Cenderawasih atau Paradisaea Raggiana adalah jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang sekitar 34 cm (Genus Paradisaea).

Sedangkan tagline PON XX adalah TORANG BISA. Tulisan TORANG BISA merupakan sebuah kata penyemat khas Papua untuk mengobarkan semangat juang para atlet. Tulisan TORANG berwarna hitam melambangkan harga diri sedangkan BISA berwarna merah melambangkan kesan energy, kekuatan, hasrat keberanian.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua, Alex Kapisa,ST mengatakan dengan diresmikannya logo dan maskot PON XX, maka pihaknya akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk sosialisasi dan promosi PON.
“Disorda juga akan mengintesifkan promosi dan sosialisasi bekerjasama dengan semua pihak termasuk KONI, Pengurus Besar (PB) PON dan instansi teknis, BUMD,BUMN sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat mengupdate berbagai informasi dan kesiapan Papua menyelenggarakan PON,”ungkap Kapisa di gedung DPR Papua.
Acara launching logo dan maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di hadiri Ketua DPRP Papua, Yunus Wonda beserta Anggota dewan, pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Kepala BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai elemen masyarakat Papua.
BACA JUGA  Provinsi Papua Pegunungan, DOB Pertama yang Berhasil Susun APBD

Editor: HANS BISAY

Komentar