oleh

KPU Tolikara Pleno Senin, Forkopimda Harap Aman

KARUBAGA (PTIMES)- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Tolikara mengajak seluruh elemen didaerah itu untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga rapat pleno perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tolikara yang akan berlangsung Senin (29/4/2019) dapat berjalan aman.
Himbauan itu disampaikan Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo,SE,M.Si usai menggelar rapat dengan Forkompinda yang dihadiri Ketua Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya,SH, Komandan Kodim (Dandim) 1702 Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto,Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek, dan Ketua Pengadilan Wamena, Yajid,SH,MH, Sabtu (27/4/2019) diruang kerja Bupati Tolikara.
“Kita berharap agar rapat pleno dapat berlangsung aman. Kepada masyarakat supaya sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban,”ungkap Bupati.
Orang nomor satu di Kabupaten Tolikara itu juga mengapresiasi TNI/Polri yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 lalu, sehingga pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan aman, tertib. Diakuinya, meski ada beberapa indikasi pelanggaran namun dengan kesigapan aparat TNI/Polri, berbagai masalah dapat ditanggulangi dan diselesaikan dengan cepat sehingga tidak meluas.
“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto dan Kapolres Tolikara yang telah berhasil mengamankan pesta demokrasi langsung kali ini dengan aman dan kondusif meski ada masalah-masalah namun tidak meluas,”ungkap Bupati Wanimbo.
Sementara itu, Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek mengatakan pihaknya telah menyiagakan 300 lebih anggota Polri untuk mengamankan Pleno KPUD Tolikara yang akan berlangsung Senin. Jumlah personel tersebut terdiri dari anggota Polres Tolikara sebanyak 198 orang, Anggota Brimob Jayapura 20 orang, Anggota Brimob Manado 30 orang, Pasukan pembantuan dari Polda Papua 54 orang, Perwira Pamatir dari Polda Papua 2 orang, Anggota Pos Kanggime 10 orang, Pos bokondini 10 orang dibantu dengan pos TNI Karubaga.“Kami siap menempatkan personel lainnya dibeberapa tempat yang di anggap rawan yang sudah dipetakan,”kata Kapolres.
Kapolres menambahkan pihaknya akan menurunkan personil untuk menggeledah warga yang membawa alat tajam berupa Pisau,Parang, Tombak,Busur dan sejenisnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tolikara, Derwes Jikwa kepada pers menyampaikan usai rapat Forkompinda, Bupati bersama Ketua DPRD, Dandim, Kapolres dan Ketua Pengadilan Wamena menyambangi Kantor KPUD Tolikara dan berdiskusi dengan Ketua KPU Tolikara Jundi Wanimbo.

Editor: LEPIANUS K/HANS B

Komentar