Bupati Se-Papua Sepakat Bantu Korban Banjir dan Longsor

Usai menyerahkan Bantuan, Bupati Puncak melihat langsung korban bencana di tenda pengungsian (foto: Isak Womsiwor)

JAYAPURA- Para bupati-se Provinsi Papua sepakat membantu korban bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Donasi yang diberikan dalam bentuk uang tunai dan bahan makanan disesuaikan dengan kemampuan anggaran masing-masing daerah.
Bupati Yahukimo Abock Busup, MA mengatakan hal itu kepada pers usai pertemuan tertutup para bupati dan gubernur di Gedung Negara Dok V Atas, Jayapura, Kamis (21/3/2019).
“Dari hasil pertemuan disepakati para bupati akan menyumbang sesuai dengan kemampuan masing-masing diwilayahnya. Kabupaten Mimika sumbang Rp1 miliar, lalu Kabupaten Puncak Rp1 miliar, Kabupaten Puncak Jaya Rp 250 juta dan Kabupaten Yahukimo Rp200 juta. Intinya sumbangan ini diharapkan bisa membantu korban bencana,”ungkap Abock.
Ditempat yang sama, Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda,S.Sos, S.IP, MM menambahkan dana bantuan akan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua dan ditujukan untuk korban bencana di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.
Ketua TP PKK Papu Salurkan bantuan ke Anak-Anak Korban Bencana Banjir Bandang

“Sumbangan nantinya diberikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial. Atas nama pemerintah dan kepala daerah di Puncak Jaya saya mengucapkan turut berduka atas kejadian ini,”ucap Bupati Wonda.
Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan bantuan dana Rp5 milliar dan logistik untuk korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Selain itu, Pemprov juga mengalokasikan anggaran untuk santunan korban meninggal dunia masing-masing Rp15 juta.

Editor: ROBIN J SINAMBELA