oleh

2 Atlet Anggar DKI Bergabung ke Papua

JAKARTA- Pertemuan khusus antara Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Provinsi DKI Jakarta, IKASI Papua, KONI DKI Jakarta dan KONI Papua membahas perpindahan atlet di gedung Gelora Bung Karno (GBK) Arena Senayan berakhir Rabu malam (31/10/2018) dengan hasil mufakat.

Kedua Pengprov IKASI menyepakati pemindahan dua atlet Anggar asal DKI Jakarta atas nama Adzara Huriyah Afifah yang bertanding di nomor sabel putri dan Voryn Thalya Kiriwenno di nomor Floret membela Provinsi Papua di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.
Ketua IKASI Papua, M Rifai Darus,SH mengatakan pemindahan kedua atlet tersebut sebagai wujud kepedulian Provinsi DKI terhadap pembinaan Cabor Anggar di Papua. Dengan hasil mufakat ini, lanjut Rifai, kedua atlet dipastikan akan berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar yang berlangsung mulai 01-07 November 2018. ”Keputusannya ini merupakan wujud kepedulian dari DKI Jakarta disepakati kedua atlet ini bergabung ke Papua tanpa syarat pembiayaan,”ungkapnya.
Kehadiran kedua atlet tersebut, lanjut Rifai diharapkan dapat menjadi lokomotif didalam tim Anggar Papua untuk meningkatkan prestasi di cabang olahraga yang dipimpinnya itu, sekaligus ditargetkan menyumbangkan medali bagi kontingen tanah Papua pada PON XX. “Kehadiran kedua atlet ini diharapkan menyumbangkan medali bagi kontingen Papua dan menjadi lokomotif untuk peningkatan prestasi khususnya Cabor Anggar,”ungkapnya.
Untuk diketahui pada Kejurnas Anggar di Jakarta, Pengprov IKASI Papua mengirimkan 9 atlet Anggar masing-masing 4 atlet putra dan 5 atlet putri. Mereka turun di 6 kelas yakni Kadet Putra, Senior Putra, Senior Putri, Yunior Putra, Yunior Putri dan kelas Beregu Degen. Para atlet Papua itu diharapkan bisa memperoleh prestasi terbaik.
Menurut Ketua IKASI Papua, M Rifai Darus,SH keikutsertaan atlet Anggar Papua di iven ini sebagai ajang menyiapkan atlet sekaligus pemantapan strategi menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.
“Kejurnas ini sebagai ajang menyiapkan atlet Anggar menuju PON XX sekaligus pemantapan strategi prestasi di iven tersebut,”ujar Ketua KNPI itu.
Dia menambahkan jelang PON XX, Pengprov Anggar Papua secara berkesinambungan menyiapkan atlet-atletnya menjalani latihan terpusat di Jayapura dan juga mengikutsertakan mereka secara berjenjang pada iven kejurnas maupun kejuaran-kejuaraan lainnya.
“Kita mulai dari pembinaan atlet lewat latihan yang continue kemudian mengikuti Kejurnas dan agenda-agenda kejuaraan sebagai pemantapan strategi menuju PON,”tambah Rifai Darus.
Kejurnas Anggar berlangsung tanggal 1-7 November 2017 diikuti 30 provinsi antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, alimantan Barat, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Riau, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Aceh, Jambi dan Papua.

BACA JUGA  Mari Dukung Partisipasi Taiwan di ICAO

Editor: HANS AL

Komentar