PERSIPURA GATOT DI MANDALA

JAYAPURA- Optimisme pasukan Black Warior Persipura Jayapura memenangkan partai big match melawan tim Persija Jakarta dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia pekan ke-29 di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (25/10/2018) gagal total alias gatot. Tim kebanggaan masyarakat Papua itu harus menelan pil pahit setelah kalah 2-1 dari Persija.

Tampil di lapangan Mandala dengan dukungan suporternya, Ian Louis Kabes dan kawan kawan bermain cukup taktis dan menyerang sejak babak pertama bergulir. Alhasil menit ke-34, bek kanan Persipura Ricardo Salampessy berhasil mengkoversi tendangan bebas Ian Kabes menjadi gol ke gawang Persija yang dijaga Andritany.
Jual beli serangan antara kedua tim-pun semakin kencang. Persija yang turun dengan formasi terbaiknya melakukan serangan melalui Rico Simanjuntak dan Marco Simic. Usaha kerjasama kedua pemain itu akhirnya membuahkan gol dimenit akhir tambahan waktu babak pertama. Riko Simanjutak berhasil menjebol gawang Persipura setelah mendapat umpan matang dari kawannya Michael Orah. Hasil imbang 1-1 babak pertama bertahan hingga turun minum.
Memasuki babak kedua, Persipura kembali tampil menyerang melalui Addison Alves, Ian Luis Kabes dan Prisca Womsiwor. Sejumlah peluang berhasil didapatkan namun tembakan trisula Persipura itu belum membuahkan hasil maksimal. Petaka bagi persipura akhirnya datang ketika Prisca Womsiwor yang dijatuhkan di kotak finalti Persija terpaksa keluar lapangan karena mengalami cedera. Kondisi itu diperburuk lagi dengan cedera hamstring yang dialami Ian Luis Kabes.
Tanpa dua pemain tersebut, serangan anak-anak Persipura tak lagi setajam babak pertama. Pelatih Persipura, Osvaldo Lessa memasukkan Elisa Basna dan Ronaldo Wanma menggantikan Prisca Womsiwor dan Ian Kabes. Sedangkan Boaz Solossa menggantikan Marcio Rozario.
Sebaliknya tim tamu Persija yang memainkan pola serangan balik melalui Riko Simanjuntak, Renan Silva dan Ramdani Lestaluhu beberapa kali berhasil mendapat peluang didalam kota finalti namun tendangannya berhasil ditangkap kiper Persipura, Dede Sulaiman.
Aksi individu Riko Simanjuntak yang berhasil menaikan tensi pemain bertahan persipura membuat pertahanan tuan rumah sedikit kendor dan hasilnya Marco Simic berhasil menciptakan gol pada menit ke 63 setelah lolos dari jebakan offside.
Ketinggalan 1-2 dari tamunya, Persipura meningkatkan serangan-serangan ke kotak finalti lawan. Tercatat beberapa kali serangan yang dibangun Boaz Solossa menusuk ke jantung, sayangnya belum mampu merubah skor.
Pertandingan sempat dihentikan di 20 menit jelang akhir pertandingan akibat aksi lempar botol dari suporter dan pendukung persipura yang merasa kecewa dengan keputusan wasit yang dianggap berat sebelah kepada tim tamu.
Hingga akhir babak kedua, kedudukan tetap 1-2 untuk kemenangan Persija Jakarta. Dengan hasil ini, tim Macan Kemayoran mendapat tambahan tiga poin dan berada di posisi kedua dengan 45 poin sedangkan Persipura Jayapura berada di peringkat ke 10 dengan 35 poin.

EDITOR: LEPIANUS KOGOYA