Pangdam Tutup TMMD ke 100 di Sarmi

SARMI- Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI George Supit, Kamis (26/10/2017) secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 100 Tahun 2017 di Kampung Nika Tidi Distrik Fie’en Kabupaten Sarmi.
TMMD yang dilakukan Kodim 1712/Sarmi berhasil membangun berbagai kebutuhan masyarakat. rumah ibadah (Gereja), balai kampung, dan MCK. Selain menutup TMMD, Pangdam beserta ibu panglima juga melakukan penanaman pohon, serta penyerahan 200 paket sembako dan pengobatan massal bagi warga Kampung Nika Tidi.
Upacara penutupan TMMD ke -100 ditandai penandatanganan berita acara serah terima hasil TMMD ke-100, oleh Bupati Sarmi Drs. Eduard Fonataba, MM dan Komandan Kodim (Dandim) 1712 Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron, S.sos sekaligus pelepasan tanda peserta TMMD, yang di wakili oleh masyarakat dan anggota Kodim 1712/Sarmi.
Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyano dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit disela-sela upacara penutupan TMMD mengatakan kegiatan TMMD ke-100 pada tahun 2017 ini diselenggarakan selama satu bulan mulai tanggal 27 September hingga 26 Oktober 2017 yang digelar secara serentak di 52 titik di 52 Kabupaten/Kota.
Tujuan TMMD adalah membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh, dengan sasaran melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik
“TMMD juga memperkuat Kemanunggalan antara TNI dan Rakyat yang merupakan wujud dari salah satu jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat. TNI meyakini bahwa kebersamaannya dengan rakyat adalah inti kekuatan TNI,”ungkap Pangdam.
Selain itu, TNI juga bekerjasama dengan Kementan RI melaksanakan berbagai pembangunan dalam rangka meningkatkan Kemandirian Pangan Nasional di 52 titik pelaksanaan TMMD berupa pembangunan jaringan irigasi tersier dan pemberian bibit sesuai kebutuhan Satgas.
Secara fisik, pada TMMD ke-100 ini, TNI menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur seperti pembangunan, rehabilitasi, pengerasan, pengaspalan dan peningkatan badan jalan, pembuatan dan rehab pembangunan dan renovasi rumah ibadah, pembangunan dan renovasi sekolah serta rehabilitasi rumah tak layak huni.

BACA JUGA  Gubernur Kondomo Konsultasi Anggaran ke Pusat

Pada kesempatan tersebut Pangdam mewakili KASAD menyampaikan terima kasih kepada Pemda, masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TMMD ke-100 tahun 2017 sehingga dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar. “Selanjutnya saya juga memohon maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-100 ini, terdapat tutur kata maupun tingkah laku para prajurit atau ada hal-hal lain yang kurang berkenan dihati masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan ini,”ungkapnya.
Penutupan TMMD dihadiri Bupati Sarmi, Drs. Eduard Fonataba, MM, Komandan Korem 172/PWY, Kol.Inf. Boni C. Pardede, Asintel Kasdam XVII Cenderawasih Kolonel Inf. Bosco Haryo Yunanto, Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih, Kolonel. Inf Puguh Binawanto, Asters Kasdam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav. Edward Sitorus, Kapendam XVII Cenderawasih, Kolonen Inf. Muhammad Aidi, Dandim 1712 Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron, S.sos, Kapolres Sarmi, AKBP. Paulus Isak beserta pimpinan SKPD Kabupaten Sarmi dan masyarakat Sarmi.

BACA JUGA  Provinsi Papua Pegunungan, DOB Pertama yang Berhasil Susun APBD

Editor: HANS BISAY

Komentar