oleh

CEK JEMBATAN DAN STADION, GUBERNUR KE HAMADI DAN HARAPAN

JAYAPURA- Gubernur Lukas Enembe,S.IP,MH, Senin (02/10/2017), melakukan kunjungan kerja ke Hamadi Kota Jayapura dan Kampung Harapan Sentani Kabupaten Jayapura. Kunjungan orang nomor satu di Papua itu untuk memantau langsung capaian pembangunan proyek Jembatan Holtekamp dan stadion utama Papua Bangkit yang bakal menjadi tempat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.
Gubernur mengatakan pembangunan jembatan Holtekamp bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan yang pembiayaanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua, Kota Jayapura dan APBN.
Jembatan ini diharapkan rampung 2018 mendatang. Jembatan utama Holtekamp memiliki panjang 400 meter, jembatan pendekat sepanjang 332 meter yang terdiri dari 33 meter jembatan pendekat arah Hamadi dan 299 meter arah Holtekamp.Pembangunannya dilakukan PT Pembangunan Perumahan, PT Hutama Karya, dan PT Nindya Karya.

Stadion Papua Bangkit
Gubernur Enembe juga optimis optimis pembangunan stadion utama Papua Bangkit PON 2020 di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura, rampung akhir tahun 2018. Menurut Gubernur, progres pembangunan stadion utama hingga saat ini sudah mencapai 19 persen, itu artinya surplus 8 persen.“Progres pembangunan mencapai 19 persen, lebih cepat 8 persen dari target awal,”ujar Gubernur saat melakukan pengecekan kesiapan pembangunan infrastruktur stadion, Senin (2/10/2017).
Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengatakan bahwa Inpres PON Papua dalam waktu dekat diterbitkan, untuk membiayai lima venue, yakni venue Aquatik, lapangan hockey Indoor, Pembangunan Istora Papua Bangkit, venue Cricket dan venue Velodrome. Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memastikan akan membangun lima venue PON di Papua yang dikerjakan dalam hingga 2018. Tahun ini dianggarkan total sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan tersebut.
Dia berharap seluruh pembangunan venue PON sudah selesai akhir 2018 dan pada 2019 bisa dilakukan uji coba.”Kalau PON kami ditugasi membangun lima venue. Aquantik, lapangan hockey Indoor, Istora Papua Bangkit, kriket dan kolam renang. Ini sudah kita mulai di anggaran 2017 dan akan dilanjutkan 2018,” ujarnya.
Papua diagendakan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-20 2020. Pelaksanaannya akan disebar di lima cluster yaitu, Jayapura, Timika, Biak, Jayawijaya dan Merauke. Dalam Kunker kali ini, Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP,MH didampingi Ketua DPR Papua Yunus Wonda, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Yusuf Yambe Yabdi.

Editor: HANS BISAY

Komentar

News Feed