Peserta PON Papua Capai 42 Ribu Orang

JAYAPURA- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua diprediksikan bakal diikuti 42 ribu lebih peserta terdiri dari atlit, oficial dan lainnya. Para peserta tersebut akan menghadiri dan mengikuti pertandingan dari 38 cabang olahraga.“PON Papua akan kedatangan sekitar 42.567 peserta,”ungkap Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Dr. Yusuf Yambe Yabdi,ST kepada pers di Jayapura.
Menurut Yusuf, ribuan peserta ini akan tersebar di kota dan kabupaten Jayapura, kabupaten Mimika, kabupaten Merauke, kabupaten Jayawijaya dan kabupaten Biak Numfor” “Pesertanya akan disebar ke lima wilayah tempat penyelenggaraan PON. Sedangkan wilayah yang akan menampung peserta terbanyak di Kota dan Kabupaten Jayapura, yakni 36. 501 peserta,”jelasnya.
Untuk memenuhi kebutuhan penginapan, kata Kadisorda, dibutuhkan 19.016 kamar. “Menyediakan jumlah tempat tidur yang cukup menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Sehingga kita terus berupaya melakukan kesiapan guna menunjang suksesnya ajang olahraga tersebut,”ujar Yusuf.
Dia berharap seluruh panitia PON XX 2020 agar berkontribusi penuh mewujudkan pelaksanaan even empat tahunan tersebut di Bumi Cenderawasih. “Contohnya ada kurang lebih 12 komponen strategis yang berpotensi memberikan kontribusi terhadap suksesi penyelenggaraan PON, selain SDM, transportasi, akomodasi, konsumsi, keamanan”.
Hal lainnya untuk kepanitiaan yang dikoordinatori Biro Perekonomian Daerah Setda Papua, contohnya mereka bisa melakukan konsolidasi dengan BUMN dan BUMD untuk memaksimalkan Community Social Responcibility (CSR).
“Dimana dari dana CSR itu, bisa dimanfaatkan membiayai komponen-komponen tertentu. Misalnya pengadaan kostum PON senilai Rp 400 Miliar. Dengan demikian beban pemerintah provinsi bisa menjadi berkurang,” pungkasnya.
Editor: YESAYA MANSAWAN