oleh

Papua Juara Umum Judo Championship 2019

JAKARTA (PTIMES)- Setelah 30 tahun lebih prestasi Judo Papua sirna dari iven nasional dan asia sepeninggal legenda judo, Hana Yawan, akhirnya pejudo-pejudo muda Papua kembali bangkit dan membuktikan keunggulannya di pentas internasional.

Di kejuaraan internasional Jakarta Open Judo Championship 2019 yang diikuti 69 negara, pejudo Provinsi Papua tampil luar biasa dan menorehkan prestasi membanggakan sebagai juara umum dengan menyabet 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Para Atlet Inti Judo Papua Disiapkan Menuju PON XX di Bumi Cenderawasih.

Perolehan medali emas bagi kontingen Papua diraih 2 pejudo putri Papua atas nama Dita Aulia Permata yang turun di kelas 63 Kg putri dan Marcelina Papara kelas di 78 Kg putri.

Sedangkan medali perak dipersembahkan Nolice Uromabin yang tampil di kelas 70 Kg putri dan medali perunggu atas nama Kadek Aprilinton Muliarta di kelas 90 Kg putra.

“Ini memberi semangat baru dan harapan baru bagi kontingen Papua menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua. Itu berarti kepercayaan yangg diberikan oleh KONI Papua dan rakyat Papua harus tetap di jaga,”bilang Zefnat Masnifit, Wakil Ketua pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI), Minggu malam (16/11/2019) di Jakarta.

Kejuaraan yang berlangsung tanggal 16-17 November 2019 di Jakarta itu diikuti pejudo-pejudo nasional dan internasional. Papua juara umum sedangkan posisi kedua kontingen Korea dengan perolehan medali 2 emas 1 perak dan 1 perunggu sedangkan juara ketiga kontingen Jawa Timur dengan 2 perak dan 2 perunggu.

Atlet PJSI Papua yang diturunkan diiven ini berjumlah 12 atlet masing-masing 4 pejudo putra yakni Jhon Waromi, Yuki Ardianto, Kadek Aprilinton Muliarta, Victor Evradus Sibi dan 8 pejudo putri diantaranya Marcelina Papara, Dita Aulia Permata, Nolince Uropmabin, Ance Nububuri, Martina Namnei, Chintya Rasta Wakarmanu, Suset O.E Waridjo dan Betrix Demetau

Usai mengikuti kejuaraan tersebut, lanjut Zefnat, atlet Judo Papua menjalani pemusatan latihan di Jakarta. PJSI Papua telah mengirimkan surat resmi ke PJSI Pusat dan club-club Judo terbaik di Jakarta dan Jawa Barat untuk menjadi lawan tanding Marcelina Papara dan kawan-kawan.

“Setelah iven, atlet kita langsung pemusatan latihan di Jakarta untuk lebih banyak melakukan sparing partner (lawan tanding) sehingga mereka bisa meningkatkan teknik maupun jam terbang mereka,”ujar Zefnat gembira atas prestasi atlet judo Papua.

Atas nama ketua umum dan pengurus PJSI, Zefnat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ketua, wakil ketua dan sekretaris umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beserta pengurus yang memberikan perhatian kepada pembinaan prestasi PJSI.

“Kedepan di Papua kalau bicara olahraga berarti bicara Judo. Pengprov PJSI Papua siap memasyarakatkan olahraga judo. Atas nama Pengprov PJSI, kami sampaikan terima kasih KONI dan Puslatprov atas dukungan dan kerjasamanya,”tandas pengacara yang akrab dengan wartawan.

Editor: HASAN H/HANS B

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed