Wapres Ingin Pastikan RIPPP dan RAPPP Terlaksana dan Berdampak Pada OAP

JAKARTA | PAPUA TIMES- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin akan kembali melakukan rangkaian kunjungan kerja ke tanah Papua pada 3 hingga 7 Juni 2024 mendatang.

Menurut penuturan Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, kunjungan kali ini adalah yang keenam kalinya selama Kiai Ma’ruf menjabat sebagai Wapres. “Sekaligus, melengkapi sisa provinsi di wilayah Papua yang belum sempat dikunjungi [Wapres] pada kunjungan-kunjungan sebelumnya,” ungkap Jubir dalam siaran persnya.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Kunjungan ini, lanjut Jubir, juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk terus mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Papua. “Salah satunya, Wapres ingin memastikan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP), dan Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Papua (RAPPP) terlaksana dengan baik dan berdampak langsung terhadap Orang Asli Papua (OAP),” ujarnya.

Lebih jauh, Jubir menyampaikan bahwa terdapat sejumlah agenda penting yang akan dilaksanakan Wapres pada lawatannya selama lima hari di 3 kota di Papua kali ini.

“Mengawali kunjungannya, Wapres akan ke Merauke untuk melakukan pertemuan dengan para bupati, tokoh adat, dan pegiat HAM/perdamaian di Provinsi Papua Selatan,” sebutnya.

Selain itu, sambung Jubir, Wapres juga akan melakukan pencanangan proyek-proyek strategis di Provinsi Papua Selatan, menandatangani Prasasti Peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun di Boven Digoel, dan meresmikan Pembukaan Pelatihan Pendamping Desa Provinsi Papua Selatan.

“Kemudian, dari Merauke, Wapres akan terbang ke Wamena, Provinsi Papua Pegunungan. Di Wamena, Wapres dijadwalkan akan melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung VIP Bandara Wamena,” ungkapnya.

Selanjutnya, papar Jubir, dari Wamena, Wapres akan beranjak ke Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Terdapat beberapa agenda yang akan dilakukan Wapres di titik terakhir kunjungannya ini.

“Pertama, Wapres akan menyaksikan Pengukuhan KDEKS Provinsi Papua Barat Daya. Selanjutnya, Wapres juga akan melakukan Peninjauan Pemukiman Nelayan Malawei,” bebernya.

Di samping itu, sambung Jubir, di hari terakhir kunjungannya, yakni Jumat, 7 Juni 2024, Wapres akan meresmikan Peluncuran Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua, RIPPP, dan RAPPP.

“Kunjungan kerja ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua dalam berbagai aspek, termasuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan ekonomi lokal,” ujarnya.

Menurut Jubir, Wapres Ma’ruf Amin berkomitmen tinggi untuk terus mendukung dan mempercepat pembangunan di tanah Papua demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kehadiran langsung Wapres di lapangan, sekali lagi sebagai bentuk perwujudan dari prinsip yang sering disampaikan Wapres ‘menggaruk di tempat yang gatal’. Jadi, Wapres ingin benar-benar melihat masalah langsung dari masyarakat Papua, sehingga solusi yang dihasilkan nantinya pun efektif,” tandasnya.

Sebagai informasi, selama menjabat sebagai Wapres, K.H. Ma’ruf Amin setidaknya telah menginjakkan kakinya di tanah Papua selama lima kali. Sebelumnya, Wapres ke Papua pada 14 – 15 Oktober 2021, 5 – 6 November 2021, 28 November – 3 Desember 2022, 11 – 17 Juli 2023, dan 9 – 13 Oktober 2023.

Editor | PAPUA GROUP

Komentar