BPK Beri Opini WTP untuk Pemkot Jayapura

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura Kembali mendapatkan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jayapura atas Hasil Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun anggaran 2023.

Kepala BPK Papua, Martuama Saragi, ST., MM, Jumat 24 Mei 2024, secara resmi menyerahkan hasil audit LKPD tersebut kepada Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey didampingi Pj Sekda Kota Jayapura Robby Kepas Awi dan Wakil Ketua II DPRD Kota Jayapura Silas Jouwe bertempat di aula Kantor BPK Papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Martuama Saragih menyampaikan apresiasi kepada Pj Walikota beserta jajaran yang telah bekerja dengan baik dengan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan dan pembangunan.

“Hari ini BPK menyerahkan hasil audit terhadap laporan keuangan pemerintah daerah kota Jayapura pada tahun Anggaran 2023 dengan penilai opini Wajar Tanpa Pengecualian,”ungkapnya.

Saragih meski mendapat Opini WTP, ada beberapa rekomendasi dari BPK kepada Pemkot untuk di perbaiki diantaranya perbaikan sistem pelayanan, pengendalian internal dan yang terpenting adalah inventarisasi dan pengendalian aset.“Untuk aset ini perlu mendapat perhatian khusus dari Pemkot,”pintas Saragih.

Dia menambahkan agar Pemkot untuk mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan dan pelaporan sehingga ditahun-tahun berikutnya bisa meraih opini WTT atau yang lebih tinggi lagi. “Kedepan pelaporan perlu ditingkatkan harus akuntabe dan transparan. Seningga LKPD bisa dipertanggungjawabkan kepada public,”tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Jayapura Frans Pekey menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPK Papua yang telah mengaudit dan memeriksa LKPD Kota Jayapura tahun 2023 dengan baik.

Lanjutnya, audit terhadap laporan keuangan pemda kota jayapura telah berlangsung selama sebulan sejak bulan april hingga mei 2024, dan hasilnya mendapat opini WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian dari LKPD Tahun Anggaran 2023 di Tahun 2024.“ Ucapnya Penjabat Walikota. “Opini WTP ini sudah terhitung ke sebelas kalinya. Kita mengapresiasi penilaian BPK,”ungkap Pekey.

Calon Walikota Jayapura itu mengatakan kedepan Pemkot bakal meningkatkan pelayanan lebih baik kepada masyarakat di daerah ini. Dan tetap berkoordinasi dan Kerjasama dengan BPK untuk mendapatkan pendampingan dan arahahan dalam pelaporan keuangan. “Rekomendasi dari BPK, menjadi perhatian kita untuk pelaporan kedepan,”ujarnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Silas Jouwe. Ia menyampaikan apreasiasi kepada BPK yang telah mendampingi Pemkot dalam penyelenggaraan pembangunan.

“Kita berharap kedepan Pemkot dapat meningkatkan pelayanan pembangunan di sektor prioritas seperti Pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat dan infrastruktur serta tata Kelola pemerintahan sehinga memenuhi rekomendasi dari BPK,”harap Silas.

Editor | SIMSON RUMAINUM

Komentar