Bakar Menyala, Hendrik Yance Udam Calon Gubernur Papua, Siapa Mau Lawan

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Tokoh muda, nasionalis Hendrik Yance Udam (HYU), menjadi figure pertama yang berani memproklamirkan diri maju sebagai calon gubernur Papua. Ketua Umum Gerakan Cinta Indonesia (Gercin) Pusat itu siap bertempur pada Pemilihan Gubernur November mendatang.

Maju sebagai calon independen, HYU telah mendapat dukungan tiga elemen masyarakat yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Tabi Saireri dan Paguyuban Nusantara.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Solidaritas Masyarakat Tabi Saireri dan Paguyuban Nusantara memberi dukungan kepada Hendrik Yance Udam untuk maju sebagai Calon Gubernur Papua Jalur Independen di Pilkada November mendatang,” ungkap J Petrus Mandibodibo, Ketua Tim Pemenangan Calon Gubernur Hendrik Yance Udam, dalam konferensi Pers di Abepura, Kota Jayapura, Rabu (17/4/2024).

Ketua Tim Pemenangan Calon Gubernur Hendrik Yance Udam, saat jumpa Pers tadi siang.

Mandibodibo mengatakan, HYU layak maju karena sudah memiliki jam terbang untuk menjadi seorang pemimpin. “Kami solidaritas sudah lakukan pertemuan dan mendukung satu figur pemuda yaitu Hendrik Yance Udam, dia layak untuk maju sebagai orang nomor satu di Provinsi Papua,” ujarnya.

Menurutnya, Hendrik sangat pantas karena sudah terbukti memimpin organisasi Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GERCIN). “Dia HYU selalu berpikir nasionalis, punya cara berpikir itulah yang kami dukung untuk maju independent. Secara khususnya dari Sabang sampai Merauke, kami berharap beliau ini pantas dan cocok untuk bisa diusung menjadi Cagub di tanah Papua,” ujarnya.

Dia mengatakan, sudah waktunya pemuda Papua harus tampil. “Sudah waktunya dan kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk mendukung HYU, mari bersatu lalu kita singsingkan lengan baju untuk melihat Papua ke depan yang lebih baik yang lebih solid,” tambah dia.

Lebih lanjut, Mandibodibo mengatakan, Hendrik Yance Udam maju lewat jalur independen. “Kami dorong HYU maju independen, tapi tidak menutup kemungkinan bagi partai politik untuk bergabung,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Gercin Papua Pegunungan Baiter Bingga Wenda menilai HYU sangat layak maju sebagai Calon Gubernur Papua “Kami sangat mendukung,karena kami lihat dia sangat cocok dan layak,” ujarnya.

Menurutnya, HYU adalah sosok yang sudah dikenal oleh seluruh rakyat Papua bahkan indonesia. “Beliau sangat cocok karena sudah membangun Honai Gercin, sehingga itu menjadi contoh bahwa dia pimpinan yang sangat layak untuk maju sebagai Calon Gubernur Papua,” tandasnya.

Editor | SIMSON RUMAINUM