Atlet Papua Gagal Lolos Olimpiade Paris

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Atlet andalan Papua yang tengah berjuang ke pentas olahraga dunia, akhirnya kembali ke tanah air setelah gagal meraih tiket ke Olimpiade Paris Prancis.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua merilis dari dua lifter andalan Papua yakni Natasya Beteyob dan Ricko Saputra gagal lolos ke pentas Paris. Sedangkan peluang tertinggal atlet renang Papua Farel Tangkas.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Dari 4 atlet andalan kita, dua atlet angkat besi Natasya Beteyob dan Ricko Saputra gagal lolos ke Olimpiade kemudian atlet panahan. Tertinggal atlet renang Farel Tangkas,”ungkap Kenius Kogoya, Ketua Umum KONI Papua kepada pers Wisma Atlet Dok VII, Kota Jayapura.

Ketua Umum KONI Papua, Dr. Kenius Kogoya

Natasha dan Ricko telah mengikuti serangkaian kejuaraan dunia diantaranya, kejuaraan Asian Championship, Jeuje Korea Selatan,IWF Grand Prix I Kuba dan paling terakhir mengharumkan nama Indonesia di ajang Sea Games XXII-2023,

Kemudian kejuaraan angkat besi IWF World Championship Riyadh Saudi Arabia tanggal 2-17 September 2023 dan IWF Grand Prix II Qatar 7-17 Desember 2023. Usaha kedua atlet yang masih mud aitu diapresiasi KONI meski belum mampu lolos ke Olimpiade. Namun keduanya punya potensi masa depan yang masih bagus untuk kembali berjuang diajang internasional.

Atlet Indonesia yang telah lolos ke Olimpiade sebanyak orang. Salah satunya atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah yang merebut medali emas atau juara pada Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 nomor 73kg di Phuket, Thailand, Kamis 4 April 2024.

Sembilan atlet Indonesia antara lain;
Arif Dwi Pangestu, Atlet panahan putra Indonesia Arif Dwi Pangestu berhasil memastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah menembus semifinal di Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman, pada 6 Agustus 2023.

Diananda Choirunisa (Panahan), Atlet panahan putri Indonesia, Diananda Choirunisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui jalur Asian Games 2023 di Hangzhou, China. Diananda berhasil mengambil satu jatah tiket untuk kategori putri usai pemanah Korea Selatan dan Jepang yang sudah meraih medali emas serta perak di nomor serupa dan telah mendapat tiket Olimpiade.

Rifda Irfanaluthfi, Atlet senam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi berhasil memastikan lolos Olimpiade Paris 2024 usai tampil di Artistic Gymnastic Championship 2023 di Antwerp, Belgia pada 2 Oktober 2023.

Atlet senam artistik berusia 21 tahun itu masuk ke dalam syarat lolos dengan finis di posisi 15 besar dalam kejuaraan dunia. Ini pertama kalinya Rifda tampil di Olimpiade setelah gagal pada edisi 2020 lalu.

Fathur Gustafian, atlet menembak putra Indonesia, Fathur Gustafian juga berhasil meraih tiket Olimpiade 2024 karena sukses finis pada ranking keempat dalam final nomor senapan angin putra 10 meter pada ajang Asian Rifle 2024.

Tiket Olimpiade ia raih dalam turnamen level Asia yang berlangsung pada 10 Januari di Senayan, Jakarta. Ini pertama kalinya Fathur bakal berlomba di Olimpiade.

Rahmad Adi Mulyono , atlet panjat tebing putra Indonesia, Rahmad Adi Mulyono berhasil lolos ke Olimpiade 2024 Paris.
Ia mendapat tiket setelah menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Panjat Tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta pada 12 November 2023 lalu.

Desak Made Rita, atlet panjat tebing putri andalan Indonesia, Desak Made Rita berhasil meraih tiket Olimpiade 2024 Paris setelah menjuarai Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC di Bern, Swiss, pada Agustus 2023.

Rio Waida (Selancar), peselancar putra Indonesia, Rio Waida berhasil merebut tiket Olimpiade Paris 2024 setelah menjalani putaran repechage kesembilan pada ajang Kualifikasi ISA World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, pada 3 Maret lalu.

Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi putra Indonesia Eko Yuli Irawan berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kepastian itu didapat usai Eko Yuli masuk dalam ranking 10 besar RTO (Road to the Olympic) usai merebut medali perak dalam angkatan Snatch di nomor 61 kg putra Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, Selasa (2/4).

Dan terakhirRizki Juniansyah,atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024, Kamis (4/4). Kepastian itu didapat usai Rizki Juniansyah menjuara Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

Rizki Juniansyah sukses mencatatkan total 365 kg usai berhasil menorehkan angkatan 164kg snatch dan 201kg pada clean and jerk. Angkatan 201kg itu membuat Rizki Juniansyah berhasil memecahkan rekor dunia untuk angkatan clean and jerk.

Editor | HERMON K | GEORGE MAAY