Mantan Ketua Puslatprov Papua Jabat Pangdam IX/Udayana

DENPASAR | PAPUA TIMES- Mantan Ketua Pusat Pelatihan (Puslatprov) TC PON Papua, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, pekan ini dilantik sebagai Pangdam IX/Udayana.

Serah terima jabatan Pangdam IX/Udayana dipimpin langsung Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bertempat di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta (8/3/2024).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI.

Dalam Skep mutasi tersebut termasuk di dalamnya Pangdam IX/Udayana dijabat Mayjen TNI Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Strahan Kemhan, sedangkan Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc., dari Pangdam IX/Udayana akan menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

Mayjen Bambang Trisnohadi Saat Menyambangi Atlet Papua jelang PON XX.

Dalam kesempatan tersebut Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama yang melaksanakan Sertijab, atas darma baktinya dalam membantu tugas-tugas Kasad. Kemudian kepada para pejabat baru, Kasad meminta agar melanjutkan program-program kebijakan yang telah ditetapkan pimpinan Angkatan Darat, serta mampu berkreasi dan berinovasi, menciptakan peluang-peluang bagi kemajuan TNI AD, menyejahterakan prajuritnya, dan membantu kesulitan masyarakat.

“Dengan amanah jabatan baru ini, semoga para perwira dapat menciptakan peluang-peluang baru dan inovasi bagi kemajuan institusi TNI AD dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar kita. Kalau kita kompak, yakin bahwa kita akan dapat melakukannya,” ujar Kasad.

Di Tempat terpisah Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., dalam siaran persnya menyampaikan bahwa Mayjen Bambang Trisnohadi ditunjuk menjadi Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, menggantikan Mayjen Harfendi. Trisnohadi adalah lulusan terbaik Akmil angkatan 1993 yang sudah malang melintang di dunia militer.

“Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi lahir di Jakarta 26 Februari 1972, merupakan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akademi Militer 1993 dan mengawali karirnya pernah bertugas di SAT-81 Gultor Kopassus”, ujar Kapendam.

Selain itu juga, Pangdam pernah mengemban jabatan strategis seperti Danyonif 315/GRD Korem 061/SK Dam III/Siliwangi tahun 2010, Sekretaris Wakasad tahun 2012, Asops Kasdam VI/Mulawarman tahun 2014, Danrem 121/Alabhana Wanawai (Sintang) tahun 2018, Kasdam XVII/Cendrawasih tahun 2020 dan Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan tahun 2022 serta sekarang menjabat Pangdam IX/Udayana.

Bambang Trisnohadi lahir pada 26 Februari 1972 di Jakarta Timur. Bambang Trisnohadi merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) pada 1993. Lulus dari Akmil, ia menyelesaikan sejumlah pendidikan TNI AD lainnya, yaitu Sussarcab Infantri dan Suslapa InfantriIa. Selanjutnya, ia mengikuti Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan menjadi salah satu lulusan terbaik Dikreg XLVI pada 2008. Setelahnya, ia mengikuti Sekolah Staf dan Komando TNI (Sesko TNI) dan lulus pada 2017.

Sebelum menjabat sebagai Pangdam Udayana, Bambang Trisnohadi menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Strategi Pertahanan (Strahan) Kemhan RI. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Asops Kasdam) VI/Mulawarman.

Pada tahun 2000 Bambang Trisnohadi mendapat penugasan di berbagai negara. Antara lain di Amerika Serikat, Prancis, Singapura, dan Australia. Ia kemudian dapat On the Job Training (OJT) di Malaysia, Korea Selatan, dan Prancis.

Pada tahun yang sama, ia juga mendapat tugas militer ke Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Editor | PAPUA GROUP