Papua Dicalonkan Jadi Tuan Rumah Piala AFF U16

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Provinsi Papua dianggap sebagai calon kuat untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U16 2024, sebuah kejuaraan sepak bola internasional antar negara Asia Tenggara. Tim dari Induk Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) telah melakukan inspeksi ke beberapa venue sepak bola di Kabupaten dan Kota Jayapura sebagai bagian dari persiapan calon tuan rumah. Venue yang diperiksa meliputi Stadion Barnabas Youwe Sentani, Stadion Utama Lukas Enembe, Lapangan Universitas Cenderawasih Mahacendra, Lapangan Hamadi, dan Stadion Mandala.

Suzana Wanggai, Pelaksana Tugas Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, menyatakan bahwa Papua sangat siap menjadi tuan rumah Piala AFF U16 jika hasil inspeksi memungkinkan. Ia menyampaikan apresiasi Pj Gubernur Papua kepada PSSI atas pemilihan Papua sebagai calon tuan rumah, menggambarkannya sebagai suatu kehormatan.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Penunjukkan Papua sebagai calon tuan rumah Piala AFF U16 didukung oleh surat permohonan resmi dari PSSI, yang menunjukkan kepercayaan dari induk federasi sepak bola Indonesia. Jika Papua disetujui sebagai tuan rumah, kejuaraan ini akan menjadi sejarah baru bagi provinsi tersebut.

Tim PSSI juga memeriksa kelayakan lima venue sepak bola dan fasilitas pendukung lainnya. Stadion Lukas Enembe, yang sebelumnya menjadi venue utama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, sudah dianggap layak untuk menggelar pertandingan internasional. Beberapa perbaikan kecil mungkin diperlukan sebelum keputusan akhir.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, Benhur Tomi Mano, menyatakan terima kasihnya kepada Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun, yang memberikan dukungan penuh terhadap Papua sebagai tuan rumah. Ia menganggap dukungan ini sebagai bentuk respon positif terhadap potensi penyelenggaraan kegiatan olahraga internasional di Papua.

Sebagai tambahan, Tim PSSI juga melakukan inspeksi terhadap hotel-hotel dan lapangan latihan untuk memastikan bahwa seluruh fasilitas pendukung memenuhi standar internasional. Dengan berbagai persiapan ini, Papua berharap dapat menjelma menjadi tuan rumah yang sukses untuk Piala AFF U16 2024.

Editor | PAPUA GROUP