Dermaga Penyeberangan Ewer-Agats Rp19 M Dibangun Tahun Ini

MERAUKE | PAPUA TIMES- Pemerintah Provinsi Papua Selatan tahun ini (2024) memulai pembangunan dermaga penyeberangan yang menghubungkan Ewer dan Agats. Diharapkan dengan terbangunnya dermaga yang representatif dapat menopang pelayanan masyarakat dari Bandara Ewer menuju Agats ibukota Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Papua Selatan, Nelson Sasarari menjelaskan Pemprov Papua Selatan melalui Dishub setempat menganggarkan dana kurang lebih Rp19 milliar untuk pembangunan dermaga tersebut.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Saat ini, lanjut Sasarari, masih penginputan di sistem Sirup (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan) untuk melakukan pelelangan sambil menunggu penyerahan APBD untuk dilanjutkan dengan tahap lelang.

“Pelelangan ini kita terbuka untuk para pihak, yang berminat silakan melakukan penawaran,” kata Sasari, Jumat (16/2/2024) di Merauke.

Presiden Jokowi Didampingi Menteri Perhubungan, Mendagri dan Penjabat Gubernur Papua beserta rombongan saat Peresmian Bandara Ewer tahun lalu.

Estimasi waktu pelelangan dilakukan sekitar pertengahan bulan Maret 2024.
Nelson menambahkan, pembangunan dermaga penyeberangan ini merespon hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dari masyarakat Kabupaten Asmat dan didukung usulan pemerintah daerah yakni Bupati Asmat, Elisa Kambu dan Wakilnya Thomas Eppe Edison.

“Usulan tersebut dinilai sangat strategis untuk menghubungkan Ewer-Agats, sehingga diprioritaskan untuk dikerjakan di tahun ini,”tandas Sasari.

Pewarta | RUDIS