Lifter Lisa Rumbewas Berpulang, Presiden Sampaikan Duka Cita

JAKARTA | PAPUA TIMES- Legenda angkat besi asal Tanah Papua, Raema Lisa Rumbewas meninggal dunia, Minggu, 14 Januari 2024, di RSUD Jayapura. Lifter kebanggaan Indonesia itu memiliki catatan prestasi dunia dan berhasil mengharumkan nama Indonesia didunia internasional.

Presiden Ir. H Joko Widodo yang baru saja tiba dari kunjungan kerjanya ke Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam, Minggu, menyampaikan duka cita yang mendalam.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Presiden mengatakan Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik bangsa. Insan olahraga yang tanpa henti berkomitmen dan mengukir sejarah untuk negeri ini. “Saya ingat betul, Lisa telah membawa nama baik Indonesia dengan sejumlah prestasi yang sangat membanggakan,”ungkap Presiden dalam akun resminya.

Ketua Umum KONI Papua didampingi Sekretaris dan Jaran Pengurus KONI, Minggu Petang Melayat ke Rumah Duka Allmarhum Lisa Rumbewas.

Ketua Umum KONI Pusat, KONI Letjen TNI Purn Marciano menyampakan duka cita atas kepergian lifter Indonesia itu. “Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,”ungkap Marciano Norman, Minggu di Jakarta.

Ungkapan duka cita juga disampaikan Ketua Umum KONI Papua, Dr. Kenius Kogoya. Didampingi Sekretaris KONI Papua, George Weyasu dan jajaran Pengurus KONI Papua, Minggu petang melayat ke rumah duka almarhum Lisa Rumbewas.

Kenius atas nama pengurus KONI Papua, atlet, pelatih se-Papua menyampaikan kepergian lifter yang pernah meraih tiga medali Olimpiade itu meninggalkan duka cita yang mendalam bagi masyarakat Papua. Prestasi Lisa menjadi motivasi bagi atlet-atlet Papua.

Lisa Rumbewas meraih medali di tiga Olimpiade berbeda. Medali Perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008. Almarhum juga mengharumkan nama Indonesia diberbagai kejuaraaan angkat angkat besi dunia.

Dia lahir pada 10 September 1980 di Jayapura. Anak kandung dari, Levi Rumbewas legenda binaragawan Indonesia dan ibu Ida Korwa lifter Papua.

Prestasi Lisa dimulai saat tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI Jakarta tahun 1996. Saat itu, ia menyabet medali perak. Ia kemudian masuk pelatnas dan 4 tahun kemudian berhasil masuk Olimpade Sydney 2000 dan berhasil meraih medali perak sekaligus mencatatkan namanya sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali di iven olahraga terakbar di dunia. Prestasinya berlanjut di olimpiade Athena dan Beijing dengan torehan medali perak dan perunggu.

Berikut catatan prestasi Lisa Rumbewas;
1. Olimpiade Sydney tahun 2000, medali Perak
2. Olimpiade Athena 2004, medali Perak
3. Olimpiade Beijing 2008, medali Perunggu
4. Sea Games XVI 1997 di Jakarta, medali perak
5. Sea Games XVII 1999 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, medali perak
6. Sea Games XVIII 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia, medali perak
7. Sea Games XIX 2003 di Hanoi, Vietnam, m edali perak,
8. Sea Games XX 2005 di Manila, Filipina medali perak,
9.Sea Games XXi 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand, medali perak
10. Sea Games XXII 2011 di Palembang, Indonesia, medali perunggu.

Editor | HASAN H | HANS B





Komentar