Ganjar Disambut Hangat Uskup Merauke

MERAUKE | PAPUA TIMES- Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menjumpai Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC seusai tatap muka dengan masyarakat Kampung Waninggap Nanggo, Selasa (28/11/2023).

Kedatangannya disambut hangat Uskup Mandagi dan para pastor di Sekretariat Keuskupan Merauke. Kesempatan tersebut, Ganjar menyampaikan kedatangannya untuk mengenal lebih dekat dengan pimpinan umat Katolik di Kabupaten Merauke.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Kedatangan saya untuk mengenal lebih dekat agar kita mengetahui segala sesuatu untuk kebaikan bersama,” ujar Ganjar.

Keduanya nampak begitu dekat dan bersahaja saat berkomunikasi satu sama lain. “Saya doakan semoga Pak Ganjar sukses,” tandas Uskup.

Ganjar mengaku, baru kali ini menemukan uskup yang seperti Mgr. Mandagi dengan karakter yang terbuka dan menginspirasi. “Beliau mengajarkan kita bagaimana kita berucap, bersikap dan bertindak. Ini bagian dari kita mengkoreksi diri seandainya ada sesuatu yang kurang baik bagi masyarakat, maka jangan lakukan. Pesan beliau bahwa dalam konteks politik, masyarakat sangat cerdas jadi kita harus hati-hati,” ucap Ganjar.

Tidak sebatas komunikasi, Uskup Merauke menyerahkan buku dengan judul Belajar Mencintai Papua. Dalam pertemuan singkat itu, keduanya sempat membicarakan bagaimana menyelesaikan konflik di Papua, salah satunya dengan cara berdialog meski diakui Uskup Merauke bahwa situasi di Papua Selatan sangat kondusif.

Selanjutnya, Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC mengutarakan dirinya cukup terbuka dalam menyampaikan segala sesuatu. Sikap terbuka ini sangat disukai Ganjar sehingga tidak ada yang ditutupi jika itu untuk mendorong perubahan.

“Satu pesan dari beliau (Uskup Merauke) adalah bekerja dengan ceria dan semangat,” pungkas Ganjar.

Pewarta | RUDIS