Pj Gubernur Ridwan Apresiasi Capaian Stunting di Kabupaten Biak

BIAK | PAPUA TIMES- Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengapresiasi capaian percepatan penurunan stunting di Kabupaten Biak Numfor dalam beberapa tahun terakhir.

Dimana angka stunting secara nasional, berhasil ditekan hingga mencapai 6 persen lewat program bapak asuh anak stunting (BAAS) serta perbaikan sanitasi agar warga tak BAB sembarangan.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Untuk bapak asuh stunting di Kabupaten Biak yang telah berjalan, saya mengapresiasi sehingga stunting di Biak sudah di angka yang lebih baik atau 6 persen secara nasional,” terang Pj Gubernur Ridwan, pada penyerahan bantuan percepatan penurunan stunting dari Pemprov Papua kepada pemda setempat, di SD YPK Baitel Aryom, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (25/11/2023).

Ridwan katakan, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Papua memiliki sebuah pekerjaan rumah untuk menciptakan generasi emas di 2045 mendatang.

Generasi tersebut pula, tak hanya harus terbebas dari stunting. Tetapi harus mengenyam pendidikan yang layak, guna mendongkrak IPM setempat bahkan Provinsi Papua.

“Okeh karenanya, saya meminta partisipasi semua pihak terkait untuk memberikan dukungan penuh kepada bupati dan wakil bupati, mempecepat penurunan stunting di Kabupaten Biak.”

“Memang bantuan yang kita berikan memang tidak seberapa, tapi itu perhatian kita bagi semua pihak untun menurunkan stunting,” tandasnya.

Sementara bantuan yang disalurkan Pemprov Papua kepada Pemda Biak dalam upaya percepatan penurunan stunting diantaranya, penyerahan cadangan pangan sebanyak 5 ton untuk keluarga resiko stunting.

Kemudian obat-obatan, buku, paket makanan bergizi, Bantuan pengendalian stuting (PHBS) 300 Paket, susu 300 kotak, timbang badan injak 25 Unit, timbangan bayi 25 unit serta sembako ratusan paket.

Selain menyerahkan bantuan, Pj Gubernur Ridwan didampingi Penjabat Ketua TP PKK Papua Linda Onibala, dalam kunjungan kerja tersebut, menyempatkan diri memanen kangkung dan sawi di Kampung Saukobye, Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor.

Selanjutnya Pj. Gubernur Ridwan melakukan tatap muka bersama anak-anak Sekolah Dasar (SD) setempat di Pantai BMJ, Samau, Sorido, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, yang ditutup dengan menyambangi stand Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023.

Gubernur Ridwan nampak memborong sebagian besar dagangan UMKM di stand STC 2023. Sementara dagangan yang dibeli tersebut, langsung dibagikan kepada warga sekitar yang berada di areal stand.

Editor | PAPUA GROUP

Komentar