Sugianto,SH Dilantik Jabat Ketua DPRD Merauke

MERAUKE | PAPUA TIMES- Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Sugianto,SH, Selasa (31/10/2023) resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Merauke.

Prosesi pelantikan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Merauke Dinar Pakpahan,SH, Selasa (31/10/2023). Sugianto dilantik menggantikan mantan Ketua DPRD Merauke Benny Latumahina yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Merauke yang berlangsung di ruang sidang DPRD setempat sekaligus Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Merauke Periode Sisa Masa Jabatan tahun 2019-2024 kepada Hariyani Wilhelmina Gebze dari Partai NasDem.

Dalam sambutan, Sugianto menyampaikan bahwa satu kehormatan baginya ketika dipercaya sebagai Ketua Dewan, maka selanjutnya akan menjalankan tugas sebagai pimpinan dengan penuh tanggung jawab.

“Menjadi kehormatan bagi saya ketika saya dipercayakan dan dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Merauke,” ucap Sugianto dihadapan tamu undangan Rapat Paripurna Istimewa.

Ia juga mengajak kepada penggantinya yakni Hariyani Wilhelmina Gebze agar sungguh-sungguh mengabdi kepada rakyat. “Mari kita sungguh-sungguh melaksanakan tugas sebagai wakil dan mengabdi kepada rakyat,” ajak Sugianto.

Sugianto menyampaikan beberapa poin penting untuk menjadi perhatian bersama. Pertama terkait kegagalan panen dan peningkatan inflasi menjadi perhatian serius untuk dilakukan langkah strategis dalam menstabilkan harga bahan makanan pokok.

Kedua, angka kemiskinan terbanyak masih dialami orang asli Papua sehingga perlu penanganan secara konkrit baik pemerintah maupun para pelaku investor dan dunia usaha ikut berkolaborasi membantu masyarakat dan pembangunan di daerah.

Ketiga, mengajak masyarakat Kabupaten Merauke untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dengan tetap menciptakan Pemilu yang aman, damai dan kondusif. Terakhir, ia harapkan pembahasan APBD Induk 2024 segera dilakukan, mengingat pembangunan daerah masih tergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka kesempatan yang sama menyampaikan semua pihak perlu mensyukuri bahwa pemerintah daerah maupun pusat terus berupaya mendorong pembangunan di semua sektor baik yang sudah, sedang maupun yang akan dikerjakan.

Menanggapi soal kenaikan Bapok, Romanus menyebut dipengaruhi bertambahnya penduduk sangat pesat ke Merauke dibarengi dengan faktor cuaca yang mengakibatkan produksi pertanian menurun. Namun Romanus meyakinkan bahwa Merauke secara perlahan akan tumbuh dengan berharap dukungan semua pihak untuk memajukan daerah dan menuju masyarakat sejahtera.

Pewarta | RUDIS