KUB Perikanan di Yapen Dapat Bantuan

SERUI | PAPUA TIMES- Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan di Kabupaten Kepulauan Yapen mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua berupa tiga unit motor tempel, Sarana Produksi Ikan (Saprodi) pengembangan rumput laut dan benih kultur jaringan rumput laut.

Bantuan diserahkan langsung Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun dalam kunjungan kerjanya pada hari kedua di Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (19/10/2023).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Iman Djuniawal yang turut dalam Kunker Gubernur Papua mengatakan bantuan diserahkan di Keramba Jaring Apung, Kabuena, Distrik Yapen Selatan, Serui.

“Bapak Gubernur menyerahkan bantuan dari dana Otsus 2023 berupa tiga unit motor tempel, tiga paket budi daya pengembangan rumput laut (di Amtomoy, Sarawandoro dan Ambai). Kemudian bibit rumput laut melalui sistem kultur jaringan yang ditempatkan di kebun bibit Sarwandori.”

“Sedangkan untuk motor tempel diserahkan kepada tiga kelompok usaha perikanan di Meredi, Ambai dan Yantemoi,” terang Iman Djuniawal

Wilayah perairan Kabuena, Distrik Yapen Selatan, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen sebelumnya telah ditetapkan sebagai kampung budidaya sebagaimana SK Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dengan begitu, Kepala Dinas Iman Djuniawal berharap pemerintah segera membangun Pelabuhan Perikanan di wilayah setempat guna mendukung aktifitas pengembangan ekonomi masyarakat.

Lebih khusus pada komoditas rumput laut dan ikan baramudi yang diharapkan menjadi komoditas ekspor bagi Kabupaten Kepulauan Yapen kedepan.

“Sehingga di Kabuena ini kedepan bisa jadi kawasan sentra produksi yang terintegrasi karena sudah ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) dan rencana Pemprov Papua membangun cold storage guna menyimpan produksi ikan.”

“Kita minta dukungan optimalisasi unit perbenihan yang berada di Kabuena agar bisa segera beroperasi. Sehingga bibit ikan seperto baramudi bisa dibibitkan disitu,”harap Iman.

Editor | YESAYA MANSAWAN