Gubernur Ribka Haluk Terima Penghargaan Kartika Pamong Praja Madya

BANDUNG | PAPUA TIMES- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM, menerima penghargaan Kartika Pamong Praja Madya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Rektor IPDN, Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M., di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor Jawa Barat, Rabu (4/10/2023).

Kartika Pamong Praja Madya, merupakan bentuk kehormatan yang diberikan IPDN kepada Kepala Daerah setingkat Gubernur yang dinilai memiliki inovasi luar biasa dan memberikan dukungan penuh kepada Praja, Alumni, serta kampus IPDN.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Usai mendapatkan penghargaan Kartika Pamong Praja Madya dalam sebuah prosesi tradisi kebesaran IPDN, Pj. Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, mendapat kesempatan memberikan materi kuliah umum kepada Praja IPDN.

Rektor IPDN, Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M mengatakan sosok Ribka Haluk bukanlah orang asing lagi bagi IPDN, sebab yang bersangkutan sebelumnya terlibat aktif dalam cikal bakal berdirinya sekolah IPDN di Papua. Selama ini ia menilai Ribka Haluk banyak memberikan kontribusi yang sangat luar biasa kepada IPDN.

“Demikian pula setelah dipisah IPDN Nasional dan Papua beliau ini juga telah berkunjung kesini dua kali dan hari ini menjadi kunjungannya ke tiga kali serta mendapatkan tanda kehormatan,” tegasnya.

Hadi Prabowo menyampaikan Ribka Haluk memiliki rekam jejak yang baik dalam berkarir sebagai ASN, dimana beliau telah 2 kali menjadi Pejabat Bupati di daerah nya dan saat ini beliau pun menjabat sebagai Pejabat Gubernur Papua Tengah.

“Beliau adalah srikandi yang berjuang untuk kesejahtraan Papua Tengah dan berkembangnya daerah tersebut. Untuk itulah tanda kehormatan Kartika Pamong Praja Madya dan tanda alumni kita berikan,” pungkasnya.

Hadi Prabowo berpesan kepada Ribka Haluk, jika kedepan mendapat permasalahan didaerah, tidak perlu sunkan untuk berkordinasi dengan IPDN dan alumni IPDN yang ada di wilayah. Ia juga mengucapkan terima kasih, lantaran banyak alumni IPDN yang mengemban tugas di Pemerintahan Provinsi Papua Tengah.

“Jika ada IPDN yang tidak mendukung pembangunan Papua tengah itu keterlaluan. Oleh sebab itu semua alumni IPDN harus mendukung pembangunan dan pelayanan di Papua Tengah sehingga masyarakatnya menjadi sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM mengatakan penghargaan ini menjadi sebuah kehormatan dan kenangan yang tidak akan pernah dilupakan. IPDN dikenal salah satu kampus yang selalu melahirkan alumni-alumni yang luar biasa, yang disiapkan untuk melanjutkan penerus kepemimpinan di masa depan.

“Sungguh menjadi kehormatan dan kenangan abadi pada saya secara pribadi atas penghargaan ini. Dan terima kasih telah menjadikan saya menjadi keluarga besar IPDN,” katanya.

Ribka Haluk mengaku alumni IPDN sangat banyak membantunya dalam meletakan dasar-dasar pembangunan di Provinsi Papua Tengah yang usianya saat ini belum genap 1 tahun. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya alumni IPDN yang dipromosikan untuk menjadi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

“Saat ini penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah merupakan alumni IPDN, termasuk beberapa pejabat eselona dua, tiga dan empat. Karena kita percaya bahwa alumni IPDN mampu bersaing dan mampu memegang amanah yang dipercayakan,” paparnya.

Editor | TIM