40 Kadistrik Papua Barat Daya Sekolah Kepamongprajaan di IPDN

SORONG | PAPUA TIMES- 40 Kepala Distrik (Kadistrik) se- Provinsi Papua Barat Daya, pada hari minggu, 1 Oktober 2023 telah di berangkatkan dari kota Sorong menuju Kampus IPDN Cilandak Jakarta.

Para Kadistrik ini diterbangkan ke IPDN untuk mengikuti pendidikan Ilmu pemerintahan/kepamongprajaan. Tujuan program profesi kepamongprajaan ini adalah mencetak pamong praja penyelenggara pemerintahan yg kompeten, handal, profesional dan berwawasan nusantara.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Profesi kepamongprajaan juga sebagai sarana pendidikan bagi ASN yang akan menjadi Camat/Kepala Distrik atau yang sudah menjadi Camat/Kepala Distrik namun tidak memiliki latar belakang Ilmu Pemerintahan. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKPSDM Provinsi Papua Barat Daya, Gamar Malabar, S.Sos. MM.

“Sekolah kepamongprajaan ini selama 6 bulan dan jumlah Kepala Distrik yang di kirim untuk mengikuti pendidikan profesi kepamongprajaan 40 orang, terdiri dari 37 laki laki dan 3 wanita, yang diambil dari berbagai distrik di Papua Barat Daya, seperti 2 Kepala Distrik dari pulau terluar Kabupaten Raja Ampat yaitu Pulau Fani,” ungkap Kepala BKPSDM.

Gamar Malabar juga menambahkan bahwa sumber penganggaran pendidikan Kepamongprajaan ini dari APBD Papua Barat Daya.

Salah seorang Kepala Distrik Ayamaru Jaya Kabupaten Maybrat, Michael Salossa menyampaikan terimakasih kepada Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad karena telah memprogramkan kegiatan ini dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti pendidikan ilmu pemerintahan/kepamongprajaan dikampus IPDN Cilandak Jakarta.

Penjabat Sekda Provinsi Papua Barat Daya, Ir. Edison Siagian, ME, di dampingi Kepala BKPSDM, Gamar Malabar, S.Sos. MM, secara resmi menyerahkan para Kepala Distrik se-Provinsi Papua Barat Daya yang berjumlah 40 orang kepada pihak IPDN Cilandak, dan diterima oleh Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik dan Inovasi, Prof. Dr. Hyronimus Rowa, MSi, Senin (02/10/2023).

Penjabat Sekda dalam arahannya berpesan kepada para kepala distrik agar mengikuti pendidikan dengan baik dan di harapkan setelah selesai nanti akan perubahan, di banding sebelum mengikuti pendidikan.

“Harus ada peningkatan Kapasitas dalam kepemimpinan dan tetap jaga diri, terutama jaga kesehatan,” ucapnya.

Warek Bidang Akademik dan Inovasi, Prof. Dr. Hyronimus Rowa, MSi, di dampingi Direktur Program Profesi Kepamongprajaan Dr. Dra. Hj. Endang Try Setya Ningsih, MM, ketika menerima calon mahasiswa angkatan XII Provinsi Papua Barat Daya, mengucapkan selamat datang dan menjelaskan tata cara belajar di sekolah kedinasan kementrian dalam negeri.

Program pendidikan ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama Pemprov Papua Barat Daya dan IPDN yang digagas Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad dan Rektor IPDN Hadi Prabowo di kampus IPDN Cilandak pada bulan September 2023 lalu.

Editor | TIM

Komentar