Fashion Show Istana Berbatik, Gubernur Papua Tengah Tampil Anggun

JAKARTA | PAPUA TIMES- Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM tampil anggun dan mempesona ketika mengikuti fashion show Istana Berbatik. Didampingi suami, Nikodemus Rumpumbo, Ribka Haluk tampil diatas panggung parade dengan mengenakan batik bermotif Burung Cendrawasih berwarna merah.

Acara Istana Berbatik 2023 digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023) malam. Istana Berbatik diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, Senin, 2 Oktober 2023.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi istri Ibu Wury Estu hadir dalam acara fashion show berbagai busana batik di tanah air.

Para pejabat negara mulai dari Menteri jajaran Kabinet Indonesia Maju, Kapolri dan Panglima, bahkan Duta Besar dari negara sahabat juga ikut mengenakan busana batik.

Gubernur Ribka Haluk didampingi suami tercinta Nikodemus Rumpumbo, tampil mengenakan busana batik motif Burung Cendrawasih berwarna merah. Keduanya tampil serasi dan elegan ketika berjalan dan menyapa para tamu undangan.

Ribka Haluk menginginkan busana batik di tanah air semakin dicintai, khususnya batik yang berasal dari Tanah Papua. Menurutnya batik Papua memiliki motif yang khas dan sangat elegan ketika dikenakan.

“Selamat Hari Batik Nasional dan lestarilah sepanjang masa,” tutupnya.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo mengatakan Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik, yang bukan hanya menjadi karya seni biasa, tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dan sinbolisme teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia.

“Oleh sebab itu melalui Istana Berbatik malam ini yang dilaksanakan untuk memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggan pada kekayaan seni budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkaannya.” jelasnya.

Sedangkan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo dipercaya sebagai ketua panitia Istana Berbatik 2023 mengatakan Istana Batik merupakan pagelaran busana yang menampilkan ragam batik nusantara, yang sarat akan makna dan keindahannya yang tak lekang oleh waktu.

“Pada pagelaran ini kita akan menyaksikan bagaimana batik menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, generasi ke generasi dan bagian dari diplomasi budaya Indonesia,” katanya.

Angela menerangkan Istana Berbatik akan menampilkan koleksi-koleksi batik terbaik dari berbagai kerajaan, UMKM binaan Bank Indonesia dan BNI, serta batik karya-karya perancang busana Indonesia. Pagelaran busana malam ini melibatkan 503 orang peraga istimewa, termasuk para pewakilan Kerajaan, pinpinan Lembaga Negara, Duta Besar, para Mentri, Wakil Mentri, para Gubernur, pejabat Kementrian Lembaga dan Daerah serta BUMN, publik pigur, atlet dan model.

“Acara ini dimeriahkan pula dengan persembahan seni tari musik dan pameran UMKM karya anak bangsa, dan acara ini dihadiri sebanyak 4.380 undangan. Kami berharap melalui acara pada malam hari ini, batik sebagai warisan budaya Indonesia, semakin di gemari, semakin dikreasikan, semakin sering dikenakan, sehingga semakin lestari dan mensejahterakan,” tutupnya.

Editor | TIM