Dr. Oscar Wambrauw Terpilih Jadi Rektor Uncen 2023-2027

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Rapat tertutup senat Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dalam rangka pemilihan rektor periode 2023-2027 berakhir siang tadi.

Sidang yang dihadiri anggota senat dan kuasa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) memilih Dr. Oscar Oswald O. Wambrauw, SE., M.Sc.Agr sebagai rektor Uncen periode 2023-2027.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Pemilihan yang berlangsung di rektorat Uncen, Waena diikuti tiga calon yakni Dr. Oscar Oswald O. Wambrauw, SE., M.Sc.Agr, Prof. Dr. Freddy Sokoy, S.Sos,M.Sos dan Prof. Dr. Mesach Iek,M.Si.

Wambrauw mendapatkan dukungan suara sebanyak 44 suara diikuti Fredrik Sokoy dengan 10 Suara dan Mesach Iek 3 suara.

Rapat tertutup senat Uncen dalam rangka Pemilihan Rektor Cenderawasih periode 2023-2027 dihadiri 37 anggota senat dan kuasa Menteri yang memiliki suara sebanyak 20 .

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Uncen, Dr. Hans Z. Kaiwai, SE, M.Sc.agr kepada pers mengatakan rapat senat dalam rangka pemilihan rektor berlangsung dengan baik. Dengan hasil pemilihan rektor tersebut, maka tahapan selanjutnya adalah panitia mengirimkan hasil rapat kepada Mendikbudristek untuk penetapan dan pelantikan rektor.

“Senat akan menyiapkan dokumen surat pengantar yang akan dilampiri dengan berita acara senat yang tadi sudah ditandatangani. Sedangkan penetapan dan pelantikan rektor merupakan kewenangan Menteri,”jelas Kaiwai.

Terkait waktu pelantikan, Kaiwai mengatakan paling lambat dilaksanakan sebelum tanggal 21 November. Mengingat masa jabatan rektor Wambrauw hingga 21 November 2023 mendatang.

“Kalau dari sisi waktu dari sisi waktu sebelum sebelum November, karena rektor yang sekarang ini dilantik pada tanggal 21 November 2022 dengan masa tugas satu. Itu berarti 21 November 2023 sudah habis masa tugasnya. Makanya kemungkinan pelantikan sebelum masa tugas rektor berakhir,”jelas Kaiwai.

Editor | HANS B | HERMON K