Sah, Ridwan Rumasukun Pj Gubernur Papua

JAKARTA | PAPUA TIMES- Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian resmi melantik Dr. Ridwan Rumasukun,SE,MM sebagai Penjabat Gubernur Papua menggantikan Gubernur Papua Lukas Enembe yang purna tugas.

Pelantikan berlangsung di Sasana Bakti Praja Gedung C, Kemendagri, Jakarta Pusat Selasa (5/9/2023). “Saya Mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik,” kata Tito.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Proses pelantikan dimulai dengan pengucapan sumpah jabatan yang dibantu rohaniwan. Kemudian masing-masing Penjabat menandatangani berita acara dan pakta integritas.

Mendagri Tito dalam arahannya tegas berpesan agar seluruh Penjabat Gubernur, memanfaatkan dengan baik kepercayaan yang diberikan oleh negara, lebih khusus Presiden lewat mekanisme sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

“Amanah ini tolong di jaga, jalankan pemerintahan dengan baik karena bapak-bapak mengisi kekosongan jabatan. Paling utama jalannya pemerintahan dan kemudian sebagai ASN saya minta di tahun politik ini, mengambil posisi netral, tidak pada posisi politik praktis. Tapi politik negara untuk membangun daerah masing-masing,” tegas Tito.

Mendagri juga meminta semua pihak di daerah untuk mendukung penjabat gubernur yang telah dilantik. Sehingga bisa menjalankan pemerintahan sebagaimana mestinya.

Pelantikan para Pj Gubernur ini sebagaimana hasil keputusan dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (31/8/2023).

Nama-nama Pj Gubernur yang dilantik;
1. Pj Gubernur Jawa Barat Bey T Machmuddin. Dia sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey T Machmuddin.

2. Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen (Purn) Nana Sudjana. Dia sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI dan pernah menjadi Kapolda Metro Jaya.

3. Pj Gubernur Sumatra Utara Mayor Jenderal (Purn) Hassanudin.

4. Pj Gubernur Bali Irjen (Purn) Sang Made Mahendra Jaya. Dia sebelumnya menduduki posisi Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum.

5. Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun. Dia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah dan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Provinsi Papua.

6. Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake. Dia sebelumnya bertugas sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

7. Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi. Dia sebelumnya Sekretaris Daerah Kalimantan Barat.

8. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Komjen (Purn) Andap Budhi Revianto. Dia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

9. Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bachtiar Baharuddin. Dia sebelumnya menduduki posisi Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Editor | TIM