Kabiro Umum: Proficiat Ridwan Rumasukun, Pj Gubernur Papua Dilantik Besok

JAKARTA | PAPUA TIMES- Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua yang juga Pelaksana harian (Plh) Gubernur Papua, Dr. Ridwan Rumasukun, SE., MM, sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua merupakan pilihan yang tepat.

Kepala Biro Umum Dan Protokol Setda Provinsi Papua Elpius Hugi, dalam keterangannya, Senin (4/9/2023) di Jakarta mengatakan Dr. Ridwan Rumasukun merupakan figur Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tepat, sebab karir dan eselonnya memenuhi aturan perundang-undangan untuk diangkat sebagai Penjabat Gubernur papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Kepimpinan Plh.Gubernur Ridwan Rumasukun Dinilai selama ini berhasil mengisi kekosongan jabatan Gubernur Papua yang ditinggalkan Bapak Lukas Enembe yang mengalami masalah hukum. Sebagai Plh Gubernur Provinsi Papua, Dr. Ridwan berhasil mengkonsolidasi dan mengamankan Papua dari berbagai gejolak,” ujar Elpius.

Kabiro Umum Bersama Anggota DPRP Papua Dalam Sebuah Kesempatan (foto:Ist)

Menurut Elpius Hugi, Ridwan Rumasukun terbukti melakukan Berbagai konsolidasi Ditingkat birokrasi dan menjalankan roda pemerintahan Provinsi Papua pasca Gubernur Lukas Enembe. “Sehingga Kami akui dan memberikan apresiasi atas ditunjuknya Ridwan Rumasukun sebagai Pj.Gubernur Papua,”ujarnya.

Hugi juga mengapresiasi sekaligus menyatakan proficiat atas kepercayaan Presiden Jokowi kepada Plh Gubernur Provinsi Papua menjadi Penjabat Gubernur Provinsi Papua,yang siap dilantik pada Selasa, 5 september 2023 besok.

Dengan pelantikan Pj. Gubernur Papua Dr. Ridwan Rumasukun, maka kata Hugi, seluruh OPD Siap menjalankan tugas Bersama untuk mensuksekan tugas-tugas utama Pj Gubernur yakni
Pertama, mempersiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada serentak di Provinsi Papua.

Kedua, mendorong putra-putri Orang Asli Papua (OAP) untuk mempersiapkan diri sejak sekarang menjadi Gubernur, Walikota dan Bupati.

Ketiga, mendukung Penjabat Gubernur Papua untuk mengangkat dan mempromosikan ASN Provinsi Papua menduduki posisi strategis melalui mekanisme meritokrasi, bukan asal angkat saja tanpa menelusuri rekam jejak, integritas, kompetensi dan kapasitas sebagai Pejabat ASN di lingkup Provinsi Papua.

Keempat, membangun jejaring nasional dan internasional untuk memajukan SDM Papua, meningkatkan kesejahteraan dan menjaga perdamaian serta menegakkan Keadilan di Tanah Papua.

Editor | DENNY MOSES