Kendalikan Inflasi, Back To Sagu dan Tanam Cabe

SORONG | PAPUA TIMES- Penjabat Gubernur Dr. Drs. Mohammad Musa’ad, M.Si, mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya bersama Bank Indonesia dan intansi terkait telah menyepakati sejumlah agenda dan langkah strategis untuk mengendalikan inflasi didaerah itu.

Langkah yang ditempuh antara lain mengendalikan harga barang, memastikan ketersediaan pasokan pangan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

“Agendanya sudah dituangkan dalam roadmap dan saya sudah minta pimpinan OPD agar tersedia dukungan alokasi pendanaan sehingga agenda bisa terlaksana,”kata Gubernur Musa’ad disela-sela pertemuan High Level Meeting (HLM) guna menekan laju inflasi, bertempat di Rylich Panorama Hotel Sorong, Rabu pekan ini (30/8/2023).

Gubernur Musa’ad mengingatkan agar agenda yang sudah dibahas dan disepakati dalam roadmap pengendalian inflasi harus diimplementasikan langsung dilapangan sehingga berdampak positif dan dirasakan masyarakat.

Salah satu langkah kongkritnya adalah melalui gerakan tanam cabe melalui pembagian bibit cabe kepada masyarakat untuk menanamnya di pekarangan rumah tiap warga.”Ini kita bisa manfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabe bisa juga tomat atau badan yang bisa pelihara ayam untuk konsumsi telur ini harus bisa atau ada juga bikin kolam di rumah untuk pelihara ikan lele,”ujarnya.

Lanjutnya, apa bila masyarakat diberikan kesadaran seperti begitu maka harga-harga tidak akan melonjak sebab sebagian kebutuhan dipenuhi sendiri. Terpenting yang perlu di garis bawahi adalah memastikan harga beras jangan sampai naik dan membiasakan kembali mengkonsumsi pangan lokal.

“Makan makanan pendamping yaitu pangan lokal kita seperti sagu, ubi dan sejenisnya jangan semua tergantung pada beras sehingga kita bisa jaga kestabilan harga beras sehingga kalau tidak ada beras kita masih bisa hidup, ” pungkas Pj Gubernur.

Rabu, 30 Agustus 2023, Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Papua Barat Daya, menggelar High Level Meeting (HLM) Rabu, dalam rangka membahas langkah-langkah strategis mengendalikan inflasi di provinsi tersebut.

Editor | TIM

Komentar