Pangdam Cenderawasih Buka Turnamen KSAD Cup

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih, Sabtu, 05 Agustus 2023, resmi membuka pertandingan sepak bola KSAD Cup di lapangan Mandala, Jayapura diikuti tim dari Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Pangdam dalam amanatnya mengatakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke 78 tanggal 17 Agustus 2023, TNI menggelar serangkaian lomba dan bakti sosial. Salah satunya pertandingan sepak bola KSAD Cup dan lomba bola volley.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Kodam Cenderawasih menggelar Piala KASAD dalam berbagai lomba. Berupa lomba seni budaya dan olahraga. Lomba budaya sesuai wilayah adat yang ada di Papua, untuk pesisir utara yang masuk wilayah adat Rabu/Mamta berupa tarian Yospan, sementara wilayah adat lain menyesuaikan, ” ujar Pangdam.

Kata Panglima, kegiatan olahraga ini merupakan bagian dari dukungan Kodam Cenderawasih dalam pembinaan atlet-atlet potensial Papua. “Selain untuk mencari bibit pemain sepak bola dan voly yang bisa menjadi pemain profesional juga sebagai ajang untuk membina sportivitas,” terangnya.

Pangdam Cenderawasih Bersama Ketua KONI, Pj Walikota Jayapura dan Jajaran Kodam Cenderawasih Saat Pembukaan KSAD Cup, Sabtu, 5 Agustus 2023. (Foto:Ist)

Pangdam Izak Pangemanan menambahkan Papua memiliki atlet-atlet muda berbakat yang punya potensi menjadi atlet berprestasi di tingkat nasional maupun dunia.

“Kita yakin di tanah Papua banyak talenta-talenta muda mengharumkan Indonesia baik dari dunia olahraga maupun seni. Saya berharap agar para pemain agar mengikuti pertandingan sebaik-baiknya. Junjung tinggi sportivitas dengan mengedepankan rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam rangka meningkatkan soliditas dan solidaritas sesama pemain,” jenderal bintang dua itu.

Kepada atlet dan official yang mengikuti pertandingan sepak bola KSAD Cup, Pangdam menegaskan pesan penting yakni agar peserta mengikuti pertandingan dengan penuh semangat, junjung tinggi sportivitas dan patuhi aturan yang berlaku.

Hindari perilaku emosional dan para wasit, juru perangkat penyelenggara pertandingan dapat melaksanakan tugas dengan baik, obyektif dan menjunjung tinggi fair play.

Ketua KONI Papua, Dr.Kenius Kogoya menyampaikan apresiasi kepada TNI-AD dan Kodam Cenderawasih yang turut berpartisipasi aktif menopang pembinaan olahraga di Bumi Cenderawasih.

Kata Kenius, kerjasama KONI Papua dan Kodam XVII Cenderawasih dalam kolaborasi membina atlet-atlet Papua sangat baik dan itu terbukti ketika atlet-atlet Papua berhasil masuk 4 besar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 lalu.

“KONI dan masyarakat olahraga mengapresiasi perhatian dan kerjasama TNI dan Kodam XVII Cenderawasih yang aktif mendukung Pemprov Papua dan KONI dalam membina atlet-atlet Papua,”ucap Kenius.

Editor | ROLAND W | HANS B

Komentar