None Jakarte Guling Mace Papua, Raih Emas dan Tiket PON XXI Cabor Rugby

TANGERANG | PAPUA TIMES- Tim Rugby Putri DKI Jakarta kembali mengalahkan tim Putri Papua pada partai final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sekaligus Babak Kualifikasi PON XXI, Kamis petang, 3 Agustus 2023.

Atas kemenangan itu, None Jakarte menyabet emas dan tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Sedangkan mace Papua harus puas dengan perak dan juga lolos PON.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Laga kedua tim yang pernah berhadapan partai final PON XX Papua itu berlangsung seru. Bertanding di Stadion Reborn Benteng, Tangerang, Banten, kedua tim bermain all out. Namun tim putri Jakarta masih terlalu Tangguh bagi putri Papua. Alhasil hingga pertandingan usai, None Jakarte unggul dengan skor telak 20-5.

Pelatih Tim Rugby Putri Jakarta,Iswahyudi mengapresiasi anak-anak asuhannya yang berhasil lolos ke PON XXI Sumut-Aceh 2024.

Iswahyudi menambahkan, raihan emas Tim Rugby Putri DKI merupakan langkah awal untuk terus giat berlatih di masa datang. Terutama menghadapi event yang lebih tinggi.

“Saya tekankan ke anak-anak untuk tidak menjadi sombong walau meraih medali emas. Kalian harus terus berlatih dan tentunya didukung doa dari warga Jakarta, untuk bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Jakarta,” imbuhnya.

Sementara itu, tim Putra DKI harus puas ditempat ketiga dengan menggondol medali perunggu setelah di partai semifinal kalah dari tim Jabar.

Pelatih Kepala Tim Rugby Papua, George Deda mengatakan timnya telah mengantongi 2 tiket ke PON XX Aceh-Sumut. “Dengan masuk babak final, tim putra-putri Rugby Papua otomatis lolos PON. Kita sudah dapat 2 tiket,”ujarnya.

12 Provinsi mengambil bagian dalam Pra PON kali ini, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Papua, Papua Tengah, Maluku, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Babak Kwalifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Cabang Olahraga Rugby telah dimulai di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang. Pertandingan itu digelar 1–5 Agustus 2023

Ketua Umum PRUI Didik Mukrianto mengatakan nomor yang dipertandingkan dalam kejurnas sekaligus babak kwalifikasi PON XXI Aceh – Sumatera Utara 2024 ini yakni rugby 7s putera-puteri dan X rugby putera-puteri.

Empat tim terbaik dalam babak kwalifikasi ini maka lolos ke PON XXI Aceh – Sumatera Utara 2024. “Jadi karena sudah ada dua tim tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara yang otomatis lolos ke PON,” jelasnya.

Editor | HASAN HUSEN

Komentar