Uncen Buka Pendaftaran Calon Rektor

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pendaftaran bakal calon Rektor Universitas Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, resmi dibuka tanggal 24-30 Juni 2023 mendatang.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Uncen, Dr. Hans Z. Kaiwai, SE., M.Sc. Agr, mengatakan bahwa proses pemilihan Rektor Uncen dilaksanakan berdasarkan Peraturan Senat Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor Universitas Cenderawasih dan Keputusan Senat Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jadwal Kegiatan Pemilihan Rektor Universitas Cenderawasih.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Pemilihan orang nomor satu di universitas nomor satu di Papua itu akan dilakukan dalam 4 tahap, yakni tahap penjaringan, pemilihan, penetapan dan pelantikan.

Kata Hans, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, pendaftaran ditutup pada tanggal 30 Juni 2023. Dengan harapan setidaknya ada 4 bakal calon yang mendaftar.

Tahapan penjaringan ini dimulai tanggal 24 Juni 2023 dan ditutup pada tanggal 30 Juni 2023. Panitia berharap setidaknya ada empat bakal calon mendaftara,”ungkap Kaiwai dalam keterangan pers, Jumat, 23 Juni 2023, di Rektorat Uncen, Kampus II Waena,Kota Jayapura.

Seleksi administrasi bakal calon rektor dimulai tanggal 28 Juni 2023 hingga 14 Juli 2023, kemudian penetapan penjaringan bakal calon rektor dan pengumuman hasil penjaringan bakal calon rektor pada tanggal 17-19 Juli.

“Tanggal 20 Juli akan dilaksankanan Penyampaian visi, misi dan program kerja bakal calon sekaligus penilaian dan penetapan 3 calon rektor untuk selanjutnya mengikuti pemilihan calon rektor dalam rapat senat tertutup pemilihan calon rektor pada tanggal 7 September 2023,”bilang Hans.

Setelah tahapan pemilihan, dilanjutkan dengan melaporkan hasil pemilihan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) untuk dilakukan penetapan dan pelantikan Rektor Uncen periode 2023-2027.

Berkas Pendaftaran, lanjut Hans, dapat diambil langsung di sekretariat panitia di ruang ketua senat yang berada di gedung rektorat uncen atau diunduh melalui website panitia sedangkan pengembalian berkas bisa langsung ke sekretariat panitia.

Pendaftaran terbuka bagi seluruh PNS Dosen di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai bakal calon rektor Uncen.

Ia menjelaskan pemilihan dilakukan seiring dengan kekosongan jabatan pasca diangkatnya Rektor Uncen Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan. Saat ini, Uncen dipimpin Pembantu Rektor I Uncen, Dr. Oscar Oswald Wambrauw, SE., M.Sc. Wambrauw diangkat Mendikbudristek menjabat rector selama setahun untuk mempersiapkan pemilihan rektor baru.

Editor | HANS B | SONY R