Freeport dan KONI Sepakat Bina Atlet Papua

JAKARTA | PAPUA TIMES- PT. Freeport Indonesia bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua sepakat melanjutkan kerjasama pembinaan prestasi olahraga, atlet-atlet terbaik asal Bumi Cenderawasih.

Dukungan PT Freeport Indonesia tersebut disampaikan Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi saat rapat bersama dengan Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya yang berlangsung, hari ini, Selasa 02 Mei 2023, di Kantor Pusat Freeport Indonesia, Jakarta.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

“KONI Papua atas nama seluruh atlet dan masyarakat Papua menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia atas dukungan dan supportingnya bagi kelanjutan pembinaan prestasi atlet-atlet terbaik Tanah Papua,”ungkap Kogoya kepada pers, Selasa petang di Jakarta.

Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi menyampaikan kepada KONI untuk secepatnya mengajukan permohonan kegiatan dan kerjasamanya kepada Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia.

Kenius Kogoya dalam pertemuan itu menyampaikan agar kerjasama berkelanjutan antara PT Freeport dan KONI Papua terkait pembinaan atlet Papua, sponsorship dari setiap perusahaan sub kontraktor di Freeport menjadi bapak angkat cabang-cabang olahraga serta kesejahteraan pelaku olahraga.

Kata Kenius, dukungan PT Freeport dalam menopang pembangunan olahraga dan pembinaan atlet-atlet Papua berprestasi tersebut telah diwujudkan melalui dukungan anggaran maupun penyedian sarana dan fasilitas olahraga.

“Kita semua tau bahwa Freeport menjadi sponsor utama tim kebanggaan Papua Persipura Jayapura. Selain itu, juga menjadi sponsorship utama saat PON XX Papua lalu. PT Freeport juga membangun venue olahraga di Timika bertarap internasional seperti Mimika Sport Center dan venue lainnya. Kami bersyukur karena Freeport tetap melanjutkan dukungan untuk pembinaan atlet-atlet terbaik kita,”ujarnya.

Menurutnya, dukungan lanjutan kepada pembinaan atlet Papua ini sudah berjalan dengan dilaksanakannya Pelatihan Nasional (Pelatnas) Atletik di kompleks Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika. Freeport juga bakal memberikan donasi sponsorship bagi atlet Papua untuk tampil di iven olahraga nasional maupun internasional.

“Jadi kelanjutan dukungan PT Freeport setelah PON adalah sarana dan fasilitas Mimika Sport Center menjadi tempat pemusatan latihan Pelatnas Atletik. Freeport juga menyampaikan mendukung KONI melanjutkan pembinaan atlet-atlet terbaik Papua untuk berlaga di tingkat regional maupun internasional. Dukungan kerjasama Freeport dan KONI Papua ini dalam rangka mengharumkan nama baik Papua dan Indonesia di kancah internasional,”bilang Kenius.

Kogoya menambahkan Freeport meminta KONI untuk menyiapkan atlet-atlet terbaik Papua untuk berlaga pada iven domestik dan internasional yang diselenggarakan pada tahun 2023 ini. “Kami berterima kasih kembali kepada PT Freeport karena perhatiannya untuk nanti mendukung atlet-atlet terbaik Papua berlaga tahun ini (2023),”tambahnya.

Pertemuan antara perwakilan PT Freeport Indonesia dan KONI Papua yang berlangsung di kantor PT Freeport Indonesia, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta itu juga dihadiri Arland Suruan dari External Outreach CorCom dan Murni Sihite dari Departement Government Relations PT Freeport Indonesia serta Sekretaris Umum KONI Papua, George Weyasu dan Wakil Ketua Bidang Pengumpulan dan Pengelolaan Data KONI Papua, Davis Kambuaya.

Tahun 2023 sejumlah iven olahraga bakal digelar ditingkat domestik dan internasional yakni pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara dan Sea Games Kamboja. Iven tersebut bakal diikuti atlet-atlet Papua termasuk 10 atlet terbaik Papua yang bakal membela merah putih di Sea Games Kamboja.

Editor | HANS BISAY



Komentar