Gubernur Kodomo Sidak Pasar

WAMENA | PAPUA TIMES- Penjabat Gubernur. Nikolaus Kondomo bersama Forkompinda Papua Pegunungan, pekan ini meninjau Pasar Potikelek dan Sinakma, Wamena, dalam rangka mengecek langsung harga Sembilan bahan pokok.

Pada kesempatan tersebut. Gubernur Kodomo mendegar langsung aspirasi dari para pedagang termasuk pedagang asli Papua (mama-mama Papua).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Beberapa aspirasi yang disampaikan antara lain, pedagang mama-mama Papua mendesak Gubernur beserta jajaran terkait menyiapkan peraturan daerah tentang pembatasan pengadaan sayur mayur dan buah-buahan dari luar Papua Pegunungan.

“Kami minta pemerintah bikin aturan untuk membatasi pengadaan sayur mayur dari luar, karena selama ini pedagang non Papua datangkan sayur-sayur dari luar membuat kami mama-mama Papua punya sayur tidak laku,”ungkap salah seorang mama Papua.

“Kami mama mama Papua bawa jualan dari kampung tidak laku karena pedagang non Papua masukan Sayur dan bumbu dari luar Wamena. Makanya kami minta pemerintah buat surat teguran kepada pedagang non Papua supaya batasi pengadaan sayur dari luar.”

Menanggapi aspirasi dan masukan dari berbagai pedagang di pasar, Gubernur Kodomo menegaskan dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil seluruh Bupati di Provinsi Papua Pegunungan untuk membahas lebih detail terkait stok Sembilan bahan pokok dan keberpihakan kepada para pedagang asli Papua.

“Saya akan panggil para Bupati terutama Bupati Jayawijaya untuk perbaiki harga barang di Papua Pengunungan. Kita di Provinsi Papua Pengunungan Harus perbaiki harga ekonomi untuk semua aspek agar perputaran ekonomi di wilaya ini berjalan baik. Kita juga akan bahas afirmasi terhadap para pedagang asli Papua,”tegas Gubernur.

Diakuinya dengan diperluasnya pemerintahan di Papua Pegunungan maka persaingan dibidang ekonomi bakal semakin ketat. Oleh karena itu, pemerintah akan menyiapkan regulasi yang baik untuk mengatur seluruh kegiatan usaha di daerah tersebut.

Kodomo secara khusus meminta mama-mama Papua yang berusaha di Pasar dan sektor ekonomi lainnya untuk dapat menyiapkna diri dengan baik menghadapi berbagai persaingan. “Persaingan ekonomi akan semakin ketat makanya saya minta mama-mama Papua Papua Pengunungan harus siap hadapi tantangan kedepan. Mari siapkan produk yang baik supaya dapat bersaing dengan produk-produk dari luar,”ujarnya.

Gubernur Kodomo mengaku telah memerintahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Papua Pegunungan untuk melaporkan secara periodik perkembangan harga-harga barang dan bahan makanan.

“Saya juga meminta seluruh petani di Provinsi Papua Pengunungan untuk meningkatkan produksi untuk menambahkan nilai tambah ekonomi keluarga masing-masing,”tandasnya.

Editor | TIM