Demokrat Papua Launching Pendaftaran Caleg 2024, Gratis Tanpa Pungutan

JAYAPURA | Partai Demokrat Provinsi Papua, Jumat sore (28/10/2022) resmi melaunching pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR RI dan DPR Provinsi.

Lanching berlangsung di Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Papua, Hamadi, Kota Jayapura dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Demokrat Papua, Willem Wandik didampingi Sekretaris Demokrat Papua, Apendius Motte, Wakil Ketua Demokrat Papua, Benyamin Arisoy, Boy M Dawir, Wakil Sekretaris Demokrat Papua, Vincent Lokobal dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu), Jongky Latuperisa.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, DPD Partai Demokrat Provinsi Papua terhitung hari in Jumat 28 Oktober 2022, pukul 16.00 WIT, bertempat di kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, jalan Amphibi, Hamadi, Kota Jayapura, secara resmi kami melakukan launching pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI dan DPR Provinsi untuk Pemilu 2024,”ucap Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Demokrat Papua, Willem Wandik.

Wandik mengatakan pendaftaran bakal Caleg ini terbuka untuk masyarakat umum. Launching ini merupakan tindak lanjut dari amanat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat tanggal 15-16 September 2022 di JCC Senayan Jakarta.

Dimana Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah mengumumkan secara resmi pembukaan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Demokrat seluruh Indonesia.

“Menindaklanjuti lanjuti keputusan Rapimnas tersebut, maka DPD Partai Demokrat Provinsi Papua hari ini melakukan launching. Pendaftaran ini terbuka untuk umum kepada seluruh masyarakat Papua. Pendaftaran Bacaleg DPR-RI dan DPR Provinsi ini dalam rangka keikutsertaan pada Pemilu 2024 mendatang,”ungkap Wandik.

Anggota DPR-RI Partai Demokrat asal Papua itu menegaskan bahwa seluruh elemen masyarakat yang ingin mendaftakan diri sebagai Bacaleg dari Partai Demokrat tidak dipungut biaya.

“Dalam pendaftaran Bacaleg in tidak dilakukan pungutan biaya apapun. Sekali lagi kami tegaskan bahwa Partai Demokrat Provinsi Papua membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapa pun yang berminat untuk berkiprah dibidang politik, gratis tanpa biaya”tegas Willem Wandik.

Terdapat beberapa kriteria khusus bagi para pendaftar Bacaleg yang ingin mendaftarkan diri ke Partai Demokrat, yaitu mempunyai prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela (PDLT) serta mampu mengemban amanah sebagai wakil rakyat. Terpenting adalah dapat bersinergi dan konsisten dengan semangat amanat cita-cita luhur Partai Demokrat yaitu “Bersama Rakyat Memperjuangkan Perubahan dan Perbaikan”.

Wandik memastikan bahwa Partai Demokrat memberikan penilaian yang obyektif mengenai sosok calon wakil rakyat dari Partai Demokrat, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang arif dan bijaksana dengan melihat karakteristik, kemampuan politik, sosio kultur serta fisiologi budaya setiap Bacaleg didaerahnya masing-masing.

Ketua Bapilu Demokrat Papua, Jongky Latuperisa.

Sementara itu, Ketua Bapilu Partai Demokrat Papua, Jongki Latupeirissa mengatakan dengan dilaksanakannya launching pendaftaran Bacaleg DPR-RI dan DPR Provinsi ini maka masyarakat Papua dapat mulai mendaftarkan diri ke partai tersebut di kantor DPD Partai Demokrat Papua, Hamadi, Kota Jayapura.

“Setelah launching, maka tim DPD Demokrat mulai bekerja untuk menerima pendaftaran dari Bacaleg. Pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya. Silahkan masyarakat mendaftar ke kantor DPD Demokrat,”ujarnya.

Terkait persyaratan, Jongki mengatakan untuk tahap awal para Bacaleg diminta mempersiapkan dokumen persyaratan umum seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah dan lainnya. “Persyaratan-persyaratannya akan disampaikan secara detail kepada Bacaleg setelah mereka datang mendaftar dan mengisi formulir yang disediakan,”jelasnya.

Tahapan-tahapan pendaftaran hingga pencalonan Caleg untuk Pemilu 2024 diawali dengan pendaftaran kemudian verifikasi administrasi dan faktual. Selanjutnya aka nada fit dan propert test dan akhirnya penetapan calon.

“Ada beberapa tahapan dimulai dari pendaftaran, verifikasi administasi dan faktual lalu uji kepatutan dan kelayakan. Semua proses ini hingga seleksi dan penetapan dilakukan secara profesional. Dan yang paling utama, pendaftaran Caleg kali ini tanpa pungutan atau gratis,”tandas Latuperisa.

Editor | HANS BISAY