BNPT Sosialisasi Pencegahan Terorisme

JAYAPURA | PAPUA TIMES – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia (BNPT) kian gencar melakukan sosialisasi pencegahan terhadap serangan terkoordinasi yang menimbulkan suasana rasa takut hingga menimbulkan korban massal di masyarakat.

Kali ini sosialisasi dilakukan pencegahan terorisme melalui festival Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang), di Jayapura.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Menurut Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Kolonel Rahmad Suhendro, hal demikian, dilakukan untuk menumbuhkan rasa kreativitas pada bidang musik sehingga muncul kepedulian pada anak muda di Papua.

“Melalui musik BNPT, melalukan pendekatan humanis, sehingga anak muda Papua dapat melupakan hal-hal yang berbau negatif”.

“Artinya di Bumi Cenderawasih baru pertama kali karena Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua baru terbentuk 2022,” kata dia di Jayapura.

Menurut Rahmad, karena dengan hal-hal yang negatif dapat muncul menjadi intoleransi yang menuju kepada radikal, sehingga aksi tersebut memang BNPT hindarkan apalagi menuju sampai dengan tindakan terorisme.

“Dengan bermusik anak muda dapat membetengi diri dari ajakan berbau terorisme yang kini sedang merajalela di Indonesia,” ujarnya.

Dia katakan, tahun ini hanya tiga peserta dimana dua grup band dan satu solo, namun tidak menutup kemungkinan ke depan akan lebih banyak lagi yang ikut karena kegiatan tersebut dilakukan secara masif.

“Karena Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) baru terbentuk tahun 2022 sehingga tahun depan bisa lebih lebih masif lagi karena bakal menyasar ke universitas,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada FKPT Papua yang telah menyiapkan festival musik Asik Bang.

“Selain Asik Bang, kami juga memiliki program lain salah satunya ada bidang perempuan dan anak, lalu bidang membuat video kreatif, kemudian bidang pemuda membuat batik, lalu bidang agama,” ujarnya lagi.

Sebelumnya telah dilakukan pembukaan Festival Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang) yang bertempat di Aula Diskominfo Provinsi Papua, Senin 24 Oktober 2022.

Editor | TIM