Uncen Usulkan Gubernur Enembe Dapat Gelar Doktor

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Universitas Cenderawasih (Uncen) mengusulkan pemberian gelar kehormatan doktor honoris causa untuk Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH.

Rektor Uncen Papua, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT mengatakan proses administrasi dan usulan pemberian gelar kehormatan kepada Gubernur Enembe saat ini disiapkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Uncen.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Gelar kehormatan diusulkan melalui prodi dan saat ini sedang disiapkan,”ungkap Apolo usai ramah tamah dengan Gubernur Papua, Senin pagi (13/6/2022) di rektorat Uncen, Waena, Jayapura.

Guru besar Ekologi Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS mengatakan pemberian gelar kehormatan kepada Gubernur Lukas Enembe didasari deretan prestasi yang berhasil ditorehkan Lukas.

Akbar Silo mengakui secara pribadi sudah mengamati Lukas Enembe sejak 2007 hingga saat ini. Uniknya Lukas, lanjut Akbar Silo, sejak memimpin Puncak Jaya hingga Papua ada banyak prestasi yang bisa ditelaah secara akademik maupun jasa sosial kemasyarakatan dan pembangunan.

“Contoh terakhir yaitu hadirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, belum lagi prestasi lainnya seperti di bidang sosial kemasyarakatan yang membuat kami terobsesi memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Gubernur Papua,” bebernya.

Meski begitu, Ia menyatakan tak serta merta mengusulkan begitu saja, tapi harus ada referensi dari masyarakat, seperti tokoh gereja, pendidikan, adat dan lainnya. “Kami akan minta biodata lengkap Gubernur Enembe beserta catatan prestasi beliau, serta meminta pandangan dari para tokoh,” tambahnya.

Akbar Silo mengungkapkan jika proses pengusulan pemberian gelar ini lancar serta memenuhi persyaratan, maka pihaknya akan menlanjutkan hingga Gubernur Lukas Enembe bisa menyampaikan orasi ilmiah secara akademik.

“Langkah pertama kami lakukan adalah berkoordinasi secara kelembagaan mulai dari program doktornya dan koordinasi dengan FISIP Uncen agar mereka bersepakat untuk diusulkan melalui Rektor lalu dipertimbangkan oleh Senat. Apabila disetujui akan diteruskan ke menteri,” tutupnya.

Editor | HANS BISAY

Komentar