oleh

Uncen Seleksi Beasiswa KIP

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Universitas Cenderawasih (Uncen) melalui bagian kemahasiswaan pekan ini melakukan seleksi dan verifikasi untuk calon penerima beasiswa.

Seleksi ini diperuntukan untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Siswa Berpotensi (SLSB) yang sudah mendaftar pada akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di auditorium Universitas Cenderawasih,Jumat (10/6/2022)

Pembantu Rektor (PR) III Uncen, Dr. Jonathan Kiwasi Wororomi,S.Si.,M.Si mengatakan bahwa ada 4 jalur yang digunakan. Untuk tahap pertama menggunakan dua jalur yakni SNMPTN dan SLSB dengan jumlah peserta sekitar 1300 mahasiswa .

Tahap ini diprioritaskan bagi pemegang kartu KIP-K dan sudah terdaftar di akun LTMPT. “Namun proses ini juga untuk para pemegang kartu KIP-K yang belum terdaftar di akun LTMPT, jadi dibuka ruang kepada calon mahasiswa yang benar-benar berasal dari keluarga yang tidak mampu,”jelas Jonathan.

Menurutnya, kalaupun mereka tidak mempunyai kartu KIP-K mereka bisa datang dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera atau kartu Keluarga Harapan yang ada di data base Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Proses seleksi untuk tahun ini juga cukup ketat karena jumlah kuota yang dikasih untuk sekitar 600 sementara potensi mahasiswa baru yang masuk tahun 2022 ini berkisar sampai 5000 hingga 6000 mahasiswa.

“Jadi seperseratus dari mahasiswa ini adalah mahasiswa yang beruntung jadi harus dicari benar benar yang tidak mampu sehingga bisa dibantu guna memutus rantai kemiskinan di Papua lewat pendidikan tinggi”, ungkap PR III.

Proses seleksi ini berlangsung satu hari dan akan diberikan kesempatan juga bagi yang berasal dari luar kota dan yang sudah terdaftar dalam akun sampai tanggal 30 Juni 2022.

Editor | ENDI BERO | HUMAS UNCEN

Komentar