oleh

Papua Siap Migrasi ke TV Digital

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pemerintah Provinsi Papua memastikan migrasi TV analog ke digital (ASO / Analog Switch OFF) di Bumi Cenderawasih berlangsung secara bertahap.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jeri A Yudianto,S.Kom mengatakan untuk menopang migrasi tersebut, pemerintah akan menyalurkan fasilitas set top box gratis kepada warga Papua yang kurang mampu sehingga mereka bisa menikmati siaran TV digital di rumahnya.

“Khusus bagi masyarakat yang kurang mampu yang masuk pada DTKS (Data Tepadu Kesejahteraan Sosial) Pemerintah Pusat dan LPP Multipleksing, menyiapkan Set Top Box bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga mereka bisa menikmati siaran digital meski dengan TV analog,” ungkap Jeri dalam keterangan persnya di Jayapura.

Menurut Jeri, Migrasi TV analog ke digital (ASO / Analog Switch OFF) dimulai sejak 30 April 2022 sampai dengan 2 November 2022, sebagaimana amanat dari UU 11/2020 tentang Cipta Kerja. Diatur pula secara teknis melalui PP 46 / 2021 tentang POSTEL dan penyiaran serta peraturan menteri lainnya.

Untuk ASO di Provinsi Papua, lanjut Jeri, pada tahap pertama masuk di 30 April 2022, yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Sementara tahap kedua di 2 November 2022, yang digelar pada 10 kabupaten lainnya meliputi Merauke, Jayawijaya, Yahukimo, Mambermo Raya, Mamberamo Tengah, Yalimo, Nabire, Biak Numfor dan Supiori.

“Tapi yang perlu diketahui TV Digital ini bukan TV Streeming atau TV Kabel. TV Digital merupakan TV tidak berbayar dan tidak membutuhkan paket data (Free to Air) dengan kualitas gambar yang bersih dan jernih suaranya”

“Tentunya harapan terbesar dari migrasi TV analog ke TV digital adalah penggunaan Spektrum/Frekuensi yang selama ini digunakan untuk penyiaran, bisa di hemat untuk memacu peningkatan digitalisasi di Indonesia,” ujarnya.

Diketahui, siaran televisi digital merupakan penyiaran dengan menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi untuk menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, jernih dan canggih.

Kendati demikian, ada beberpa hal yang diperlukan untuk bisa menonton siaran televisi digital.

Yakni, terdapat siaran televisi digital serta memiliki antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Sementara Apabila warga hanya memiliki televisi analog, maka perlu memasang dekoder set top box. Set Top Box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi untuk siaran analog.

Editor | HANS BISAY

Komentar