oleh

YPPA Gandeng Uncen Tingkatkan Kualitas SDM

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih (FISIP-UNCEN) menggandeng Yayasan Pemberdayaan dan Pengembangan Adat (YPPA) Kabupaten Jayapura menandatangani MoU dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Papua khususnya pendidikan adat dari sekolah dasar hingga Pendidikan Tinggi.

Penandatangan naskah kerjasama ini oleh Dekan FISIP, Marlina Flassy, S.Sos.,M.Hum.,Ph.D dan Direktur YPPA Kabupaten Jayapura, Origenes Monim, ST disaksikan Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama Fredrik Sokoy,S.Sos.,M.Sos,Para pimpinan unit kerja FISIP dan Bagian Kerjasama Bapsik Uncen.

Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.,MT dalam sambutannya mengatakan kerjasama antara kedua lembaga sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Apolo, upaya yang sudah dilakukan YPPA dalam mendirikan perguruan tinggi adat telah melakukan penyusunan kurikulum dengan berbasis budaya, mulai dari bahasa (linguistic) hingga tahap pemaknaan budaya.

“Para lulusan sekolah dasar yang secara khusus belajar budaya dalam muatan lokal dapat melanjutkan ke SMP, SMA dan masuk di perguruan tinggi budaya ini,”ujarnya.

Keberadaan perguruan tinggi adat, kata Rektor Uncen, bertujuan menjaga dan melestarikan budaya Papua yang sudah hidup, tumbuh dan berkembang bersama leluhur hingga saat ini “Uncen mendukung upaya-upaya ini,”kata Apolo.

Dekan FISIP, Marlina Flassy, S.Sos.,M.Hum.,Ph.D menyambut baik kerjasama ini. “Kesepakatan yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Uncen dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura sangat baik,”bilang Flassy.

Fisip Uncen, memiliki sejumlah jurusan dan program studi yang mendukung YPPA dalam pengembangan pendidikan. Kata Flassy, Uncen mendukung YPPA yang berencana membangun Universitas Adat pertama di Papua dan di Indonesia.

“Kita perlu melihat dan mempersiapkan beberapa hal dalam pembentukan suatu lembaga pendidikan seperti membuat kurikulum untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar misalnya,.” Ujar Dekan Fisip.

Direktur YPPA Kabupaten Jayapura, Origenes Monim, ST berharap akademisi Uncen membantu berdirinya Universitas Adat dalam rangka pengembangan pendidikan tinggi di Tanah Papua yang akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua.

Editor | TIM

Komentar