oleh

PON XX: Obor, Tungku dan Lentera Api PON Didesain Berbentuk Tifa

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua merilis persiapan kirab api PON yang dijadwalkan pelaksanaanya pada tanggal 27 September 2021 dan berakhir 2 Oktober 2021.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda didampingi Wakil Sekertaris IV Bidang Humas dan PPM, Kadkis Matdoan menjelaskan bahwa perlengkapan utama dalam penyelenggaraan kirab API PON yakni Obor, Tungku, dan Lentera didesain berbentuk Tifa sebagai representasi budaya di Tanah Papua.

“Terinspirasi alat musik tradisional Tifa, seluruh dasar desain perlengkapan Kirab api PON yang dibuat menyerupai bentuk alat musik kebanggaan Bumi Cenderawasih ini. Tifa bagi masyarakat Papua adalah alat musik tradisional yang mampu menyatukan semua elemen masyarakat,”ungkapnya di Jayapura, Rabu malam (15/9/2021).

BACA JUGA  Bupati Raja Ampat Tutup Latsar CPNS Gelombang I

Tifa telah mendapatkan apresiasi dunia setelah diperkenalkan di ajang Festival Fete De La Musique yang diselenggarakan UCCN (UNESCO Creative Cities Network).

Dikemukakannya, Provinsi Papua, sebagai tuan rumah peyelenggaraan PON XX 2021 telah menyiapkan desain perlengkapan Kirab Api ini secara mendalam melewati berbagai pertimbangan karakteristik masyarakat dan budaya.

Putra-putri Papua berhasil berkolaborasi membuat desain kreatif obor, tungku, dan lentera yang unik mengadopsi kekayaan budaya Papua. “Bentuk ini menggambarkan sikap keteguhan dan keberanian masyarakat Papua. Pada beberapa sisi terdapat ornamen yang terinspirasi dari kekayaan alam Papua. Pada salah satu sisinya, terdapat warna kuning yang menyimbolkan kemakmuran dan kejayaan wilayah gunung dan pantai,”tambah Kadkis.

BACA JUGA  Jalan Trans Papua Capai 3.446 Km

Editor | HERMON K | ENDI B

Komentar

News Feed