oleh

Varian Delta Ditemukan, Bupati Tolikara Keluarkan Himbauan

KARUBAGA | PAPUA TIMES- Kasus virus Corona (Covid-19) di Papua semakin tinggi. Hasil pemeriksaan sampel Covid-19 beberapa kabupaten juga ditemukan adanya pasien Covid-19 dengan varian Delta.

Menyikapi hal itu, Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo,SE,M.Si, Selasa pagi (20/7/2021) mengeluarkan himbauan kepada warganya untuk mengikuti mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

“Disampaikan kepada masyarakat di seluruh wilayah Tolikara bahwa guna menjaga diri atas kemungkinan serangan wabah virus corona atau covid-19. Apalagi virus jenis baru yaitu varian delta, maka masyarakat Tolikara wajib menjalankan Prokes secara ketat,”ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) , Derwes W Yikwa.

Kadis Kominfo Derwes menyampaikan bahwa menyikapi lonjakan Covid-19 di Papua dan temuan varian Delta, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si menginstruksikan masyarakatnya wajib memakai masker setiap kali berpergian jauh atau keluar rumah.

“Wajib menjaga jarak di tempat-tempat keramaian atau akses umum. Wajid mencuci tangan di air mengalir. Selain itu wajid mengonsumsi makanan bergizi seperti perbanyak makan sayur,buah-buahan,dan minum air cukup. Juga berolahraga teratur,”ungkap Derwes Yikwa.

BACA JUGA  PKK Tolikara Bagi Masker Dan Hand Sanitizer

Bupati Tolikara, lanjut Derwes, juga meminta warganya mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan bagi umat beragama diminta membantu pemerintah dengan menerapkan Prokes dan mengajak umat beribada dari rumah.

“Bagi Umat Kristen,Umat Muslim,Umat beragama lain bijak terapkan protokol kesehatan dengan megajak Umat beribadah dari Rumah saat hari ibadah atau hari raya guna menekan penyebaran wabah virus vorona caid-19 varian delta. Demikian himbauan ini disampaikan atas perhatian diucapkan terimakasi,”demikian imbauan Bupati Tolikara.

Sebelumnya, Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule, Selasa pagi (20/7/2021) menginformasikan dari sampel yang dikirim ke labortorium didapatkan 10 sampel asal Kabupaten Merauke yang positif Covid-19 dengan varian Delta. “Kabupaten merauke, didapatkan pada 10 sampel yg dikirim,”kata Sumule.

Atas temuan ini, Sumule kembali mengajak dan meminta seluruh masyarakat di Provinsi Papua untuk lebih ketat melaksanakan protokol kesehatan 6 M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi keramaian, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

BACA JUGA  Pemkab Tolikara Gandeng PLN Bangun PLTD

Kemudian wajib vaksinasi dan yang paling terpenting berdoa memohon perlindungan Tuhan.
“Prokes harus ketat ( 6 M), vaksinasi dan tetapi berdoa memohon perlindungan Tuhan,”pinta Sumule.

Editor | HANS B | LEPIANUS K

Komentar

News Feed