oleh

Pemkab Tolikara Gandeng PLN Bangun PLTD

KARUBAGA | PAPUA TIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara, Papua, bekerjasama dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero tahun ini (2021) mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk memenuhi kebutuhan penerangan warga di Kota Karubaga dan sekitarnya.

Pembangunan PLTD yang dipelopori Dinas Perumahan dan Pemukiman Tolikara bersama PT. PLN Persero itu bakal dibangun di Kolengger, Tolikara dengan luas area 100 x 50 meter persegi.

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si menyampaikan apresiasi kepada PT. PLN yang berkomitmen membantu Pemkab Tolikara memenuhi kebutuhan penerangan warganya. PLTD tersebut nantinya dikelola PT.PLN Persero Cabang Wamena.

Diharapkan rampung cepat sehingga sebelum bulan Desember 2021 dan sebagai hadiah Natal kepada masyarakat Kota Karubaga lampu ini sudah bisa menyala selama 24 jam. Karena mesin ganda yang akan digunakan untuk berfungsi menyala siang dan malam.

“Pemerintah dan masyarakat Tolikara khususnya Kota Karubaga berharap lampu menyala 24 jam setiap hari,dan warga kota karubaga berharap PLN Cabang wamena bersama Pemerinta berikan hadia Natal kepada masyarakat kota karubaga di bulan desember lampu berkapasitas besar resmi menyala 24 jam,”ungkap Bupati usai meninjau lokasi pembangunan PLTD bersama tim PT.PLN Persero cabang Wamena.

BACA JUGA  PKK Tolikara Bagi Masker Dan Hand Sanitizer

Bupati Usman Wanimbo mengakui pembangunan PLTD berkapasitas besar tidaklah mudah, mengingat topografis daerah Tolikara pada umumnya dan kota Karubaga dan sekitarnya cukup sulit. Namun demikian, dia optimis tim PLN dapat membangun pembangkit listrik tepat waktu.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Tolikara Imanuel Gurik,SE,M.Div menjelaskan pembangunan PLTD tersebut merupakan wujud dari visi misi bupati dan wakil bupati menjadikan Tolikara Terang.

Kata Imanuel, seluruh fasilitas berupa,mesin diesel, BBM, rumah mesin diesel, dan lahan PLTD dan rumah petugas PLN serta jaringan listrik meteran disiapkan Pemerintah Tolikara. “Lokasi PLTD seluas 100 x 50 meter tersebut menjadi asset Pemkab Tolikara,”jelasnya.

Sementara itu Tim PLN Wamena, A Auparay mewakili PT. PLN Persero menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tolikara dan jajaran yang mendukung program pemerintah dan PLN dalam menerangi Tanah Papua.

BACA JUGA  Varian Delta Ditemukan, Bupati Tolikara Keluarkan Himbauan

“PLN menyampaikan apresiasi kepada Bupati beserta jajaran dan masyarakat yang memberikan lahannya untuk pembangunan PLTD. Kita berusaha pembangunan PLTD ini rampung Desember sebagai hadiah Natal bagi masyarakat Tolikara,”harapnya.

Editor | LEPIANUS K

Komentar

News Feed