Tim Panahan Putra Indonesia Rebut Tiket ke Olimpiade Tokyo

JAKARTA | PAPUA TIMES- Tim Panahan Recurve Putra Indonesia yang terdiri dari Riau Ega Agata Salsabilla, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi berhasil amankan tiket Olimpiade Tokyo pasca menjadi juara kedua Recurve Men’s Team Qualification pada Kejuaraan Hyundai Archery World Cup 2021 di Paris, Perancis. Juara kedua diraih karena harus mengakui keunggulan Amerika Serikat dengan skor 3-5 pada laga final Charléty Stadium.

Trio Arjuna Indonesia, Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi, yang turun di nomor recurve beregu putra sukses merebut tiket ke Olimpiade 2020 Tokyo. Kepastian itu ditentukan setelah Tim Putra Merah Putih berhasil lolos ke final Final Kualifikasi Olimpiade Panahan 2021 Paris. Sabtu (19/6) waktu Prancis atau Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Raihan tersebut didapat Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi usai menang telak 6-0 atas Ukraina pada semifinal yang berlangsung di Stadion Charlety.

Saat ini, panahan Indonesia telah mengamankan satu tiket di nomor recurve perorangan putri. Adalah Nisa, sapaan Diananda, yang mendapatkannya lewat penampilannya di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Arif mengaku bersyukur karena target untuk mendapatkan tiket nomor beregu Olimpiade Tokyo mampu digenapi. Tim Recurve Putra mengawali perjalanan di Paris dengan melibas Bangladesh 6-0, menang 5-1 atas Italia, dan membekuk Ukraina 6-0.

“Kami sangat senang sekali dengan hasil ini. Sebab, kami bisa membawa nama tim recurve putra Indonesia ke Olimpiade Tokyo,” ujar Arif dalam wawancara usai pertandingan.

Tambahan tiket dari recurve beregu putra itu membuat panahan sudah meloloskan empat atlet ke Tokyo. Sebelumnya sudah lolos juga Diananda Chairunisa dari nomor recurve perorangan putri.

Bertambah juga jumlah atlet Indonesia ke pesta olahraga terbesar dunia itu. Kini total atlet Indonesia yang akan berlaga ke Olimpiade Tokyo dipastikan menjadi 28 atlet.

Personil kontingen atlet Indonesia bisa bertambah karena tim recurve putri juga masih berjuang untuk meraih tiket ke Tokyo di Paris.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat saya sampaikan selamat atas prestasi yang dicapai Tim Beregu Putra Indonesia pada kualifikasi di Paris. Terima kasih kepada para atlet, pelatih dan PP.Perpani,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

“Prestasi yang membanggakan tersebut adalah bukti kerja keras Tim Panahan Indonesia. Saya yakin, dengan persiapan yang lebih baik lagi, Cabor Panahan mampu mengharumkan nama Indonesia pada Olimpiade mendatang,” sambung Ketua Umum KONI Pusat.

Ketua Umum KONI Pusat juga mendoakan agar tim putri menyusul tim putra meraih tiket Olimpiade Tokyo. Alhasil, kini Indonesia memiliki tiga tiket Olimpiade Tokyo dari Cabor panahan, yakni Riau Ega Agata (recurve putra), Diananda Choirunisa (recurve putra) dan Tim Recurve Beregu Putra.

Editor | ARIWANGSA

Komentar