Efi Numberi Dilantik, Kajari Perempuan Papua Pertama

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Perempuan Papua asal Kepulauan Yapen, Dr.Efi Paulin Numberi,SH,MH, Senin pagi (8/3/2021) dilantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Biak Numfor.

Efi menjadi perempuan pertama yang dipercayakan negara menjabat Kajari di Papua. Dia dilantik bersama dengan Kajari Jayapura, Kajari Nabire, Wakil Kejati Papua, Asisten Intelijen dan Kepala Tata Usaha Kejati oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua, Nikolas Kodomo,SH.MH.

Kodomo mengaku bangga dan senang karena rekan kerjanya itu dipromosikan sebagai Kajari Biak Numfor. Apalagi Efi memiliki kemampuan dan pengalaman kempemimpinan yang baik.

“Selamat buat para pejabat yang dilantik dihari ini. Ibu Efi Numberi sebelumnya menjabat Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Papua kemudian dipromosikan menjabat Koordinator Kejati Papua Barat dan kemudian dipromosi menjadi Kajari Biak Numfor. Ini salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada putra-putri daerah. Kita bangga karena dia memiliki kemampuan,”ujar Kodomo bangga.

Kajati Papua didamping Ibu Saat Memberikan Selamat Kepada Kajari Biak.

Kajati Nikolas mengatakan pelantikan pejabat dilingkungan Kejaksaan Tinggi Papua bertujuan untuk penyegaran dalam rangka pembinaan jabatan.

Ia berpesan agar para pejabat yang baru dilantik dapat beradaptasi dengan internal maupun eksternal kejaksaan. Serta dapat melaksanakan tugas utamanya dengan penuh tanggung jawab, professional serta berintegritas.

“Hari ini, saya telah melantik beberapa pejabat di Kejaksaan Tinggi Papua maupun Kepala Kejaksaan Negeri. Kita harapkan mereka dapat melaksanakan tugas secara professional,”ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Biak Numfor, Dr.Efi Paulin Numberi, SH,MH menyampaikan apresiasi tinggi kepada Jaksa Agung dan Kajati Papua yang memberikan kepercayaan kepadanya memimpin Kejaksaan Biak Numfor.

Efi Numberi memastikan tugas yang embannya bakal dilaksanakan dengan profesional dan bertanggung jawab. Pelayanan umum, pecegahan dan pengawasan perkara di Kabupaten Biak Numfor menjadi prioritas perempuan Papua ini.

“Puji syukur atas berkat Tuhan lewat jabatan yang diberikan. Ini merupakan kepercayaan pimpinan kami Jaksa Agung, sehingga wajib dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,”ungkapnya.

“Saya bersama jajaran Kejaksaan Negeri Biak Numfor pasti bekerja dengan profesional dalam pelayanan masyarakat. Serta pencegahan dan pengawasah seluruh perkara pidana dan perdata di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua,”bilang Efi Numberi.

Editor | LEPIANUS K | HANS B