oleh

Detikda Rayakan HUT ke-6 Tahun

JAYAPURA | PAPUA TIMES– Dewan Teknologi, Komunikasi dan Informasi Daerah (Detikda) Papua, resmi berusia 6 tahun pada tanggal 5 Maret 2021. Ucapan syukur dan perayaan HUT Detikda digelar di Sahid Hotel Entrop, diawali ibadah oleh Pdt Petrus Imoliana.

Ketua Detikda Papua, Dominicus RES Carvallo kepada wartawan usai syukuran HUT ke-6, Jumat (06/03/2021) malam mengatakan, pihaknya komitmen menjalankan amanah sesuai dengan Tugas Pokok Dan Fungsi (Tupoksi) sebagai lembaga yang juga menjadi corong dan mendukung visi misi Gubernur Papua Lukas Enembe,SIP.MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal,SE.MM dalam hal penyiapan sarana Tekniologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sejumlah prorgam lainnya.

“Selama enam tahun perjalanan waktu, periode awalnya kami sesuai dengan visi misi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera. Bagaimana masyarakat Papua bisa melek IT yang benar. Mudah diucapkan hal kecil misalnya Bagaimana mengeliminir jangan sampai berita-berita tidak benar atau hoaks jangan sampai diterima mentah-mentah dalam masyarakat. Tentu banyak hal harus kita lakukan,” tuturnya.

Ditambahkan Dominicus Carvallo, pihaknya juga telah melakukan serangkaian kegiatan di periode pertama, diantaranya merebut menjadi rumah Rakornas Aptikom yang berskala internasional yang melibatkan seluruh Perguruan Tinggi (PT) Ilmu komunikasi di Indonesia.

BACA JUGA  Pemprov Bahas Revisi RTRW
Ketua Detikda Papua, Dominicus RES Carvallo menyerahkan tumpeng HUT ke-6 kepada Pdt Petrus Imoliana.

“Ini sekalgus itu sebagai legitimasi Detikda ikut mengelola Tata Kelola TIK PON. Goalnya juga kita mendapat beasiswa untuk 60 anak Papua berkuliah di PT yang masuk dalam Aptikom itu. Sebelumnya kami juga sudah buat Blue Print TIK PON yang hingga kini dipakai Diskominfo Papua untuk PON Papua,” ujarnya.

Dominicus menjelaskan, saat ini pihaknya tetap melanjutkan komitmen Transformasi Digital Papua. Detikda juga coba membuat rambu untuk digunakan bersama berupa Raperda Tata Kelola TIK di Papua. Diantaranya bagaimana turut mengambil bagian dalam tata kelola Palapa Ring Timur yang kini terus menggema.

“Palapa Ring Timur hari ini menggema di Papua, lalu penggunaanya apakah memungkinkan jika kita juga ikut mengambil bagian dalam mengendalikan dalam pengunaannya. Ibarat jalan sudah disiapkan tinggal bagaimana aturan kendaraannya kita mau atur agar tertib atau tidak,” paparnya.

Domi Carvallo juga meminta dukungan dan bantuan semua pihak untuk sama-sama bersinergi mewujudkan tata kelola TIK Papua yang optimal dalam satu wadah Transformasi Digital Papua tersebut.

BACA JUGA  RTRW Papua Harus Ikuti NSPK

“Tentu dukungan, saran dan kritik semua kalangan sangat kami perlukan. Apalagi dari para pakar, akademisi, dan semua kalangan termasuk milenial dan masyarakat umum,” pungkasnya.

Sementara Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Papua, Mustakim HR memberi apresiasi dengan kehadiran dan apa yang telah dilakukan Detikda PAPua. “Kami di DPR prinsipnya siap membantu dan kolaborasi dengan Detikda,” kata dia.

Editor | TIM REDAKSI

Komentar

News Feed