PON XX: Futsal Berharap Latihan di Timika

JAYAPURA | PAPUA TIMES-Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober 2021 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beserta Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) diminta untuk mengakomodir latihan atlet-atlet Papua ke kluster masing-masing.

Salah satunya Cabang Olahraga (Cabor) Futsal. Pemusatan latihan di Timika bertujuan agar atlet-atlet Futsal PON Papua bisa beradaptasi dengan venue Futsal disana.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Kalau bisa tim futsal sudah harus stay di venue di Timika. Jadi kita berharap kalau bisa kita bisa latihan disana,”ungkap Pelatih Kepala Tim Futsal PON Papua, Daud Arim menjawab pers di Jayapura.

Menurut Arim, dengan menjalani latihan di venue Futsal di Tmika maka atlet-atletnya dapat beradaptasi dengan baik dan tentunya membangun hubungan dengan masyarakat di Kabupaten Mimika sehingga saat PON nanti mendapatkan dukungan.

“Lapangan disana cukup besar sehingga kita latihan disana lebih baik. Supaya persiapan kita setiap hari semakin baik disana, sehingga pada momen PON nanti anak-anak sudah lebih siap,” tambahnya.

Daud juga berharap digelar tes iven Futsal di Timika sehingga atletnya untuk melihat kesiapan atlet baik dari sisi teknik, mental dan kepercayaan diri mereka bisa diuji.

“Kita tidak bisa latihan ditempat lain, lalu PON ditempat lain. PON XX di Papu dan venue Futsal di Timika, jadi atlet kita hendaknya latihan di Timika supaya mereka terbiasa. Bukan hanya Futsal saja tetapi juga Cabor-cabor yang lain sebaiknya berlatih di venue masing-masing supaya lebih adaptasi,”ujar Daud Arim.

Dia menambahkan menunggu pergeseran tim Futsal ke Timika, maka pihaknya berharap dalam waktu dekat, KONI dan Puslatprov mengakomodir timnya untuk masuk wisma atlet Mandala Jayapura.

“Tentunya sebelum masuk, kami usulkan agar atlet kami dan atlet dari Cabor-cabor lainnya menjalani tes anti gen dan PCR. Sehingga protokol kesehatan tetap dilaksanakan.”

Pada kesempatan tersebut, Daud juga menginformasikan bahwa atle Futsal PON Papua sudah kembali menjalani latihan lapangan Futsal Pemancar Polimak I sejak Selasa (05/01/2021).

Pelatih Kepala Tim Futsal PON Daud Arim mengatakan, anak-anak sudah mulai latihan kembali sudah berjalan selama dua hari dan pemain yang didaerah sudah balik semua mereka sudah gabung latihan kembali untuk persiapan menuju PON nanti.

“Persiapan kita mulai dari awal dengan melihat kondisi fisik mereka, kita dalam waktu satu minggu ini harus kembalikan supaya fisik mereka mulai kembali bagus lagi,” tandas Daud Arim.

Editor | MUGURI G | HERMON K