oleh

PLN Dukung Pengembangan SDM OAP

JAYAPURA | PAPUA TIMES- PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B) mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia Orang Asli Papua (SDM-OAP). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu siap membantu Pemerintah Provinsi Papua meningkatkan ketrampilan anak-anak asli Papua dibidang kelistrikan.

Demikian dikemukakan Senior Manager SDM dan Umum PLN UIWP2B, John S. Yarangga disela-sela Fokus Grup Diskusi (FGD) Tentang Blue Print Percepatan Pengembangan SDM Asli Papua, di Hotel Horison Kotaraja, pekan ini.

“PLN Papua terus memberikan pendampingan kepada putra-putra asli Papua yang menyelesaikan studi di sekolah tinggi PLN maupun lulusan lainnya. PLN siap membantu Pemprov Papua dalam pengembangan SDM orang asli Papua,”tegas Yarangga.

Dikemukakannya, peningkatan kualitas dan ketrampilan SDM asli Papua sangat penting dan harus terus dipacu mengingat saat ini sudah memasuki era industrialisasi.

Pengembangan SDM Papua, lanjut Jhon, harus sejalan dengan kemajuan teknologi dan inovasi. Agar peluang dan lapangan kerja dapat diisi putra-putri asli Papua. “Putra-putri Papua perlu disiapkan untuk menghadapi persaingan di dunia industri,”ujarnya.

BACA JUGA  DPD: KSP Moeldoko Tak Perlu Ikut Campur Masalah Gubernur Papua

Menurut putra asal Biak Numfor itu, PLN telah berkontribusi membantu Pemprov Papua dan Papua Barat dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri Papua melanjutkan pendidikan di Universitas Cenderawasih.
“PLN bekerjasama dengan Uncen membuka program D3 untuk putra-putri Papua. Ini semua dilakukan dalam rangka pengembangan SDM orang asli Papua.”

Kedepan putra-putri Papua diharapkan lebih banyak berkarya di PLN. Kata Jhon, sejak beberapa tahun terakhir, orang asli Papua mendapatkan kesempatan bekerja di PLN dan mendapatkan kepercayaan menduduki jabatan manager menengah keatas.

“Saya salah satunya yang mendapatkan kepercayaan itu. Semua ini tidak terlepas dari kesiapan sumber daya kita sendiri. PLN juga sudah melakukan terobosan dengan merekrut tenaga-tenaga lapangan dari kampung untuk berkarya bersama PLN,”ungkap Yarangga.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng atas nama Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH menyampaikan apresiasi kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) salah satunya PT PLN Persero yang telah membantu pengembangan SDM OAP.

BACA JUGA  Banyak Pemimpin Papua Dibunuh, Keluarga Tolak Gubernur Enembe Berobat di Jakarta

Pemprov Papua dalam kurun waktu 10 tahun terakhir memberikan beasiswa kepada putra-putri Papua melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Tekhnik (STT) PLN Jakarta. Pada tahun 2017 lalu, sebanyak 62 pelajar OAP dibiayai ke STT PLN.

Kata Aryoko, penyiapan SDM Papua di bidang energi dan kelistrikan bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah mewujudkan pembangunan energi di Tanah Papua.

Editor | HANS BISAY

Komentar